nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pimpin Sertijab KSAL, Panglima TNI: Organisasi yang Sehat Selalu Bergerak Dalam Ritme

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 12:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 28 337 1903615 pimpin-sertijab-ksal-panglima-tni-organisasi-yang-sehat-selalu-bergerak-dalam-ritme-Dwa2WbZ9vO.jpg KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji. Foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri

JAKARTA - Mabes TNI Angkatan Laut (AL) menggelar proses serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dari Laksamana Ade Supandi ke Laksamana Siwi Sukma Adji. Upacara ini langsung dikomandoi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Laksamana Siwi Sukma Adji menjadi KSAL lantaran menggantikan Laksamana Ade Supandi yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2018 mendatang. Sertijab ini sendiri berlangsung di Lapangan Trisila Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018).

Dalam amanatnya, Hadi menekankan bahwa pergantian pucuk pimpinan merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam tubuh sebuah organisasi yang sehat dan selalu bergerak dalam ritme yang dinamis. Hal ini karena setiap personel dibatasi dengan usia dan masa aktif, sehingga disyaratkan untuk kaderisasi dan keberlanjutan kepemimpinan dalam tubuh organisasi tersebut.

Hadi menambahkan, TNI AL merupakan bagian dari organisasi kenegaraan yang memiliki tugas sangat penting dalam menegakkan kedaulatan negara di laut, dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala ancaman dan gangguan.

"Dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi TNI AL pun, kami tidak terlepas dari tantangan dan hambatan yang selalu diwarnai oleh dinamika perkembangan lingkungan strategis di sekitar kita," kata Hadi.

Pelantikan KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji. Foto: Okezone/Fakhrizal Fakhri

Menurut dia, dewasa ini, menjalankan tugas di matra laut itu, memiliki tugas yang cukup berat dalam menjaga kedaulatan NKRI serta serta memimpin sektor kemaritiman Indonesia.

"Maka TNI AL membutuhkan penguatan organisasi. Hal ini juga telah menjadi salah satu program prioritas Panglima TNI, yaitu membentuk empat satuan baru, yang dua di antaranya adalah satuan TNI AL, yaitu Koarmada III dan Pasmar 3 Korps Marinir di Sorong beberapa waktu yang lalu," tegas Hadi.

Dengan adanya penguatan organisasi TNI AL ini, Pangliman TNI berharap bisa melahirkan prajurit-prajurit yang memiliki kompetensi, kredibilitas, dedikasi, dan loyalitas tinggi untuk menjalankan tugasnya sebagai prajurit.

"Organisasi TNI dan TNI AL juga membutuhkan pemikiran-pemikiran kreatif, brilian, dan open minded (terbuka) dari para perwira TNI AL, yang tidak terkungkung dan terjebak pada rutinitas, untuk dapat merumuskan serta memaksimalkan peran TNI AL dalam menjalankan tugas-tugas negara," ucap Hadi.

Siwi Sukma Adji resmi menjadi KSAL setelah dilantik oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu 23 Mei 2018 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Ade Supandi yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2018. Siwi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43/TNI/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL.

Sebelum dilantik jadi KSAL, Siwi menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI. Siwi juga pernah menjadi Panglima Koarmabar menggantikan Laksda TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati-372.

Siwi merupakan alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 30. Ia lulus yang pada tahun 1985, dan pernah menduduki posisi Palaksa KRI Teluk Sampit-515, Komandan KRI PRB-728, Komandan KRI STS-376, dan Komandan KRI Nala. Dia juga sempat menjabat sebagai Komandan KDA, Komandan Lanal Pontianak, Komandan Selapa Pusdikopsla, Komandan Satran Koarmatim, Asrena Pangkolinlamil, Asops Pangarmabar, dan Komandan Guskamlatim.

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini