Polri: E-KTP Murni Tercecer di Jalanan Bogor, Tak Ada Pelanggaran Hukum

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 12:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 28 337 1903630 polri-e-ktp-murni-tercecer-di-jalanan-bogor-tak-ada-pelanggaran-hukum-JqGjc3PhP4.jpg Karopenmas Polri Brigjen Muhammad Iqbal. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan terkait tercecernya ribuan keping e-KTP di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan sebuah tindakan murni terjatuh. Fakta ini didapat setelah dilakukan investigasi oleh sejumlah pihak terkait.

"Bahwa setelah dilakukan langsung oleh Sekretaris Dikjen Dukcapil beserta kepolisian setempat dan kita melakukan penyelidikan bersama, dan kesimpulannya tidak ada perbuatan melawan hukum. Ini murni karena tercecer," ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen M Iqbal di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (28/5/2018).

(Baca: Ribuan E-KTP yang Tercecer di Bogor Bukan Barang Bukti KPK)

E-KTP jatuh tercecer di jalanan Bogor. (Foto: Okezone)

Ia menjelaskan, ribuan keping e-KTP tersebut bisa sampai tercecer saat dibawa menggunakan truk ekspedisi menuju gudang Kementerian Dalam Negeri yang berada di wilayah Semplak Bogor.

"Saat perjalanan menuju gudang Kemendagri itu ribuan e-KTP tercecer. Setelah tercecer, ditemukan oleh masyarakat. Pada saat momen tercecer itu ada beberapa masyarakat mencoba untuk mendokumentasikan sehingga viral dan dikomentari apa sajalah," terang Iqbal.

Meski sempat tercecer, Iqbal menegaskan tidak terdapat satu pun e-KTP yang hilang atau jatuh. "Tidak ada yang hilang. Sudah dicek bagian pengiriman ekspedisi tidak ada yang hilang. Satu pun tidak ada yang hilang," tegas Iqbal.

(Baca: Polisi Tak Temukan Unsur Pidana dalam Kasus E-KTP yang Tercecer di Bogor)

Sebagaimana diketahui, sebelumnya ribuan e-KTP berceceran di Jalan Raya Salabenda, Desa Parakanjaya, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. E-KTP tersebut diketahui terjatuh dari truk engkel yang melintas.

Menurut salah satu warga sekitar, Ugan, peristiwa ini terjadi saat sebuah truk engkel yang belum diketahui pelat nomornya melaju dari arah Kayumanis menuju Parung sekira pukul 13.30 WIB.

Setibanya di persimpangan Salabeda, sebuah kardus yang tengah dibawa truk tersebut terjatuh ke jalan. Warga yang menyadari hal itu langsung mendekati kardus yang ternyata berisi ribuan e-KTP. (han)

E-KTP jatuh tercecer di jalanan Bogor. (Foto: Ist)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini