Antisipasi Gangguan Asap saat Asian Games, Riau Perpanjang Status Darurat Siaga Karhutla

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 28 Mei 2018 12:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 28 340 1903627 antisipasi-gangguan-asap-saat-asian-games-riau-perpanjang-status-darurat-siaga-karhutla-1HTYFcWlZo.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla (foto: Okezone)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau memperpanjang status siaga daurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Salah satu alasan mengapa akan diperpanjang karena untuk mengantisipasi adanya kebakaran hebat mendekati perhelatan Asian Games 2018 Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan bahwa status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan berakhir pada 30 Mei 2018.

(Baca Juga: 20 Titik Panas Terdeteksi, Riau Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan)

"Semua Satgas semua menetapkan perpanjangan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan mulai 1 Juni sampai 30 November 2018," kata Wakil Komandan Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau, Edwar Sanger kepada Antara di Pekanbaru, Senin (28/5/2018).

Semakin Meluas, Kebakaran Lahan Gambut di Pekanbaru Riau

Penetapan perpanjangan siaga darurat kebakaran setelah digelar rapat bersama dengan pihak terkait seperti TNI, Polri, BPBD, manggala agni dan sejumlah stakeholder. Berdasarkan hasil evaluasi, bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Riau segera memasuki kemarau.

"Kemarau panjang akan berlansung hingga bulan September 2018. Jadi kita harus waspada," imbuhnya.

Dia mengatakan bahwa saat ini kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di wilayah pesisir utara Propinsi Riau seperti Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir dan Kota Dumai. Kebakaran di daerah tersebut terjadi karena saat ini Riau sudah memasuki musim kemarau. Jika kebakaran tidak bisa ditanggulangi, kemungkinan Riau bisa saja mengirim asap ke propinsi tetangga itu.

"Sesuai intruksi dari presiden melalui Kepala BNPB jangan ada kabut asap selama Asian Games. Itu salah satu alasan lainnya untuk memperpanjang status siaga darurat ," kata Edwar Jumat (11/5/2018).

(Baca Juga: Empat Provinsi Dinyatakan Siaga Darurat Karhutla)

Dia mengatakan saat ini kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di wilayah pesisir utara Propinsi Riau seperti Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir dan Kota Dumai. Kebakaran di daerah tersebut terjadi karena saat ini Riau sudah memasuki musim kemarau. Jika kebakaran tidak bisa ditanggulangi, kemungkinan Riau akan mengirim asap ke propinsi tetangga itu.

Untuk menanggulangi kebakaran, pemerintah pusat dan daerah harus bekerjasama. Saat ini pemerintah sudah mengirim 4 unit helikopter untuk melakukan pemadaman dari udara.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini