nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tradisi yang Hanya Bisa Dinikmati saat Bulan Ramadan

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 09:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 30 337 1904331 5-tradisi-yang-hanya-bisa-dinikmati-saat-bulan-ramadan-JQvDFTOgzQ.jpg Tradisi membangunkan sahur saat Ramadan. (Foto: Antara)

JAKARTA - Selain memperbanyak ibadah dan berbuat kebaikan, bulan Ramadan memiliki beberapa tradisi yang tak dijumpai di bulan lainnya.

Selain menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Berikut lima tradisi yang hanya tersaji di saat datangnya bulan Ramadan yang dihimpun oleh Okezone.

Membangunkan Sahur

Biasanya di saat datangnya bulan Ramadan, masyarakat akan menyiapkan alat musik seperti gendang, gitar dan tam-tam atau drum mini untuk berkeliling kampung di saat waktu sahur tiba.

Tradisi 'toki' atau memukul kentungan untuk membangunkan sahur di Gorontalo. Foto: AntaraTradisi 'toki' atau memukul kentungan untuk membangunkan sahur di Gorontalo. Foto: Antara

Warga akan berkeliling semnari menyanyikan lagu yang terkadang diciptakan sendiri untuk membantu masyarakat lainnya bangun sejenak guna menyantap sahur. Biasanya hal itu dimulai sejak Pukul 03.00 WIB dini hari.

Ngabuburit

Menanti waktu sore atau biasa disebut ngabuburit menjadi salah satu rutinitas yang digemari oleh masyarakat. Sembari menunggu azan Maghrib, biasanya warga berkeliling atau mengunjungi tempat wisata atau sekadar jalan-jalan sore.

Warga menanti saat berbuka puasa (ngabuburit) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: AntaraWarga menanti saat berbuka puasa (ngabuburit) di pelataran Masjid Terapung Amirul Mukminin, Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto: Antara

(Baca juga: Mereka yang "Kecipratan" Rezeki dari Ngabuburit)

Buka Bersama

Bulan Ramadan juga menjadi ajang untuk menjalin silahturahim dengan rekan dan kolega dengan cara mengadakan kegiatan buka bersama (bukber).

Buka bersama dilakukan semua kalangan, dari lingkungan sekolah, mahasiswa, para pekerja hingga pejabat negara.

Sahur On The Road

Selain buka bersama, kegiatan lainnya seperti Sahur On The Road (SOTR) kerap dilakukan masyarakat di bulan Ramadan. Kegiatan makan sahur di jalanan itu biasanya mengusung tema sosial.

(Baca juga: Sandiaga Imbau Warga Tak Lakukan 'Sahur On The Road')

Nantinya, peserta sahur akan berkumpul di satu titik pada malam hari, dan berkeliling menjelang waktu sahur sembari mencari orang yang dinilai pantas untuk diberikan makanan sahur yang telah disediakan.

Berburu Takjil

Selain ngabuburit, saat bulan Ramadan biasanya masyarakat gemar melakukan kegiatan berburu takjil. Hal itu dilakukan ketika menjelang azan Maghrib.

Warga membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta. Foto: AntaraWarga membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta. Foto: Antara

Warga akan mencari santapan buka puasa yang sesuai dengan selera. Saat bulan Ramadan tiba, banyak pedagang takjil berjualan di pinggir-pinggir jalan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini