nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nirigi si Pelaku Candaan Bawa Bom Dapat Pendampingan Hukum dari Alumni Kampusnya

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 30 Mei 2018 11:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 30 340 1904367 nirigi-si-pelaku-candaan-bawa-bom-dapat-pendampingan-hukum-dari-alumni-kampusnya-y7bvhqiEOA.jpg Frantinus Nirigi diamankan pihak bandara usai bercanda membawa bom. (Foto: Ist)

PONTIANAK – Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak mengakui bahwa Frantinus Nirigi adalah alumni Fisip Untan. Pemuda 26 tahun asal Wamena itu terpaksa berurusan dengan polisi akibat perbuatannya mengatakan 'ada bom' kepada seorang pramugari yang sedang merapikan bagasi.

Kala itu Fran akan pulang kampungnya di Wamena dari Bandar Udara Internasional Supadio Kubu Raya, Kalimantan Barat, dengan tujuan transit di Jakarta. Ia dijadwalkan terbang pada Senin 28 Mei 2018, pukul 18.40 WIB.

(Baca: Nirigi Penumpang Lion Air yang Ngaku Bawa Bom Resmi Jadi Tersangka)

Frantinus Nirigi diperiksa polisi. (Foto: Ist)

Akibat ulahnya, penerbangan ditunda karena terjadi kegaduhan dan kepanikan luar biasa di dalam pesawat. Sebagian penumpang bahkan mengalami cedera setelah nekat terjun dari jendela darurat.

Terkait kasus tersebut, Sekretaris Jenderal IKA Fisip Untan Deden Ari Nugraha menyatakan siap memberikan pendampingan hukum kepada Frantinus Nirigi.

"Apabila terbukti secara sah melakukan tindakan melawan hukum, lanjut proses sesuai hukum, kami mendukung kepolisian," ujarnya kepada Okezone, Rabu (30/5/2018).

Namun, sambung dia, apabila tidak terbukti seperti apa yang disangkakan, maka kepolisian harus segera melepaskan Fran dari jeratan hukum.

"IKA Fisip Untan akan berusaha memberikan bantuan hukum terhadap saudara kami. Ini sebagai solidaritas sesama alumni," tegas Deden.

(Baca: Mengulik Keseharian Nirigi, Penumpang yang Ngaku Bawa Bom di Lion Air)

Ia menyebutkan, IKA Fisip Untan memang tidak dan belum pernah mengeluarkan kartu alumni bagi setiap lulusan Fisip Untan, baik reguler, nonreguler, diploma, dan magister.

"IKA Fisip Untan akan melakukan konfirmasi dan meminta klarifikasi dari fakultas terkait kartu alumni tersebut," ujarnya.

IKA Fisip Untan juga mendukung Polri mengusut tuntas setiap kasus serupa. Sebab, sebagaimana diketahui, banyak kasus seperti ini, namun yang dirasa heboh adalah kasus candaan bawa bom Frantinus Nirigi.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini