nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terdampak Hujan Abu Merapi, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup 3 Jam

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 01 Juni 2018 17:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 01 512 1905489 terdampak-hujan-abu-merapi-bandara-ahmad-yani-semarang-ditutup-3-jam-OcpqgIQJtD.jpg Gunung Merapi erupsi. (Foto: BNPB)

SEMARANG - Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang ditutup selama tiga jam akibat terkena dampak erupsi Gunung Merapi. Guyuran hujan abu vulkanik dinilai berbahaya dan mengancam keselamatan penerbangan.

"Benar ditutup selama tiga jam akibat erupsi Gunung Merapi. Tadi mulai ditutup pukul 15.30 WIB," ujar Humas Bandara Ahmad Yani Semarang, Dian Permata Sari, Jumat (1/6/2018).

Meski demikian, penutupan sementara itu bisa dibuka kembali lebih cepat bila hujan abu telah berkurang. Dia belum menjelaskan jumlah penerbangan yang terdampak akibat penutupan sementara ini.

"Ini kita lagi lakukan paper test, kalau abunya tipis bisa kita majukan lagi (pembukaan operasional bandara). Nanti kita kabari jika ada update terbaru," terangnya.

(Baca juga: Semarang Ikut Terkena Hujan Abu Erupsi Gunung Merapi)

Paper test merupakan cara uji untuk mengetahui abu vulkanik dengan cara meletakkan kertas di beberapa titik, baik runway, atap bangunan maupun area-area terbuka. Jika terjadi hujan abu vulkanik maka akan menempel di kertas-kertas tersebut untuk selanjutnya dilakukan evaluasi.

Dampak erupsi Gunung Merapi. Foto: Antara

Gunung Merapi kembali erupsi sekira Pukul 08.20 WIB, Jumat (1/6/2018), dengan amplitudo maksimum 77 mm dan dengan durasi 2 menit. Tinggi kolom letusan 6.000 meter mengarah ke Barat Laut, berdasarkan pengamatan dari Pos Pengamatan Gunung Merapi Jrakah.

Akibat erupsi ini, terjad hujan abu di sekitar Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Jrakah dan di Pos PGM Selo. Pada awal letusan, angin mengarah ke Barat Laut namun pada pukul 08.30 WIB, angin mengarah ke Barat Daya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini