Perhatikan Hal Ini saat Mudik Lebaran di Siang Hari

Mufrod, Jurnalis · Senin 04 Juni 2018 13:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 04 15 1906269 perhatikan-hal-ini-saat-mudik-lebaran-di-siang-hari-kSYwqyCbPz.jpg Mudik Lebaran. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA – Mudik Lebaran di siang hari memang akan terasa berat bagi yang juga tengah menjalankan ibadah puasa. Selain stamina harus fit, cuaca panas menjadi masalah utama dalam perjalanan.

Spesialis mata dr Gustri Kusuma Wardhani dari Rumah Sakit Evasari Jakarta memberikan tips melakukan perjalanan mudik hari raya Idul Fitri dengan nyaman.

Salah satu hal yang harus diperhatikan yakni menjaga pandangan mata dari sinar matahari langsung. Gunakan kaca film mobil yang mampu menahan panas dan tidak silau meredam sinar matahari langsung.

Jangan biarkan paparan matahari langsung masuk ke mata. Bahayanya bisa menyebabkan penyakit mata di kemudian hari.

Malam hari memang menjadi rekomendasi nyaman melakukan perjalanan mudik dibanding siang hari karena selain pengemudi bisa makan dan minum selama perjalanan, namun perjalanan malam hari juga sangat membutuhkan konsentrasi ekstra dibanding siang hari.

Dokter Gustri melarang Anda mengonsumsi suplemen atau minuman berenergi saat mengendarai sepeda motor atau mobil saat mudik Lebaran. Ya, selain membuat Anda kecanduan, minuman tersebut berbahaya bagi kesehatan.

"Kalau mata terasa lelah, ya istirahat! Jangan dibiasakan minum suplemen," pungkasnya. (muf)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini