Presiden Jokowi Ungkap Susahnya Cari Lahan untuk Kampus UIII

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Selasa 05 Juni 2018 16:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 05 65 1906853 presiden-jokowi-ungkap-susahnya-cari-lahan-untuk-kampus-uiii-ffV03ND8Bi.jpg Presiden Jokowi resmikan peletakan batu pertama Kampus UIII. (Foto: Kementerian Agama)

DEPOK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengusulkan pembangunan gedung Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dibangun di luar Pulau Jawa, namun usulan tersebut ditolak oleh tim pembangunan.

"Saya arahkan di luar Pulau Jawa, tapi semua tim menyampaikan tidak setuju, ya sudah carikan lahan yang mendekati 1.000 hektare ternyata susah mencari lahan sebesar itu," ucap Jokowi, Selasa (5/6/2018).

(Presiden Jokowi di area Kampus UIII. Foto: Kementerian Agama)

Presiden menilai, desain kampus UIII sangat futuristik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap UIII bisa menjadi pusat kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia. Menurutnya, Indonesia selama ini dikenal dunia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar.

Baca Juga : Presiden Jokowi Berharap UIII Jadi Pusat Kajian Peradaban Dunia

"Setelah dicari akhirnya dapat 142 hektare di sini dan saat saya lihat ternyata sangat luas saya enggak bayangkan kalau dapat 1.000 hektare," paparnya.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo meresmikan proses pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Komplek Radio Republik Indonesia (RRI), Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali dan peletakan batu pertama oleh Jokowi Widodo.

(Presiden Jokowi di area Kampus UIII. Foto: Kementerian Agama)

Pada kempatan itu, nampak hadir Wapres Jusuf Kalla, Ketua Komisi VIII DPR, Mentri Agama Lukman Hakim Saifudin dan para pimpinan dan anggota lembaga Negara, Duta Besar Negara-negara sahabat, Menteri Kabinet Kerja, Gubernur Jawa Barat, Walikota Depok, serta tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pimpinan Perguruan Tinggi.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya letakkan batu pertama pembangunan UIII," ucap Presiden.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Sudah Sepantasnya Indonesia Jadi Rujukan Kemajuan Peradaban Islam di Dunia

Sebelum peletakan batu pertama, Presiden dan para tamu udangan disuguhkan sejumlah penampilan dari paduan suara kampus UIN Syarif Hidayatullah dan tayangan video desain bangunan UII.

"Ini sudah digodok dan dimatangkan sejak dua tahun. Tapi nyari lahannya tidak mudah. Saya tidak mau setengah-setengah. Awalnya, saya minta lahannya 1.000 hektare, tapi susah mencarinya di Jawa dan kita mendapatkan 142 hektare. Memang jauh dari 1.000 hektare, tapi ternyata 142 hektare juga sangat luas. Alhamdulillah," imbuhnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini