nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Polhukam Sebut KUHP Sudah Kuno

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Rabu 06 Juni 2018 17:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 06 337 1907410 menko-polhukam-sebut-kuhp-sudah-kuno-02sxbiAzJR.jpg Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebutkan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dianggap sudah kuno dan diperlukan adanya Rancangan Undang-undang.

"KUHP ini ketinggalan sama Belanda tahun 63 kemudian disahkan disana tahun 64 mulai dikembangkan dan sampe sekarang," katanya usai menggelar Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/5/2018).

Oleh sebab itu, menurutnya diperlukan adanya pembaharuan atas KUHP tersebut, sehingga dapat sesuai dengan perubahan zaman.

"Perlu ada perubahan konsolidasi agar valid dan bisa mengikuti perbubahan zaman," lanjutnya.

 Wiranto

Wiranto menambahkan, pihaknya juga akan mengundang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pihak-pihak lain untuk memperluas Rakor RUU KUHP.

"Setelah ini saya akan undang pemangku kepentingan yang lain KPK, BNN dan pihak-pihak lain untuk kita bicarakan bersama. Kita diskusiakan dengan satu keterbukaan, satu argumentasi hukum yang shahih sehingga gak jebak masyarakat dalam ketidaktauhan dan simpang siuran," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini