nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Bawa 2 Ban Cadangan, Perlukah?

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 13:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 08 15 1908197 mudik-bawa-2-ban-cadangan-perlukah-0i5ouzDBmL.jpg Ban Serep (foto: Ist)

JAKARTA - Mempersiapkan segala kebutuhan untuk perjalanan mudik memang sangat penting. Namun barang bawaan serta perlengkapan yang diperlukan juga tak perlu semuanya dibawa dalam perjalanan mudik.

Terlebih jika pemilik mobil berfikir untuk membawa 2 ban cadangan di dalam mobil untuk memudahkan penggantian jika terjadi masalah ban kempes atau bocor di jalan.

Sayangnya membawa dua ban cadangan selama melakukan perjalanan mudik Poedyo Santosa, instruktur senior Indonesia Road Safety (Irsa), kurang efektif malah mengurangi ruang bagasi untuk barang bawaan. Namun jika harus membawa dua ban cadangan perlu diperhitungkan kondisi jalan dan rute perjalanan yang mungkin jarang ditemui bengkel.

 

"Jika mengharuskan membawa dua ban cadangan harus lebih diperhitungkan selama perjalanan jarang ditemui bengkel," papar Poedyo.

Meski demikian, ia menambahkan ban serep dengan ukuran lebih kecil dari standarnya, tidak dianjurkan untuk digunakan dalam waktu lama atau jarak jauh. Sesuai fungsinya ban serep hanya digunakan untuk membantu kendaraan menuju bengkel terdekat.

 

"Idealnya ban serep berfungsi untuk membantu sementara ban yang cobor hingga menemukan bengkel terdekat. Ban serep yang biasanya ukuran lebih kecil dari normal tidak direkomendasikan untuk digunakan jarak jauh," pungkas Poedyo.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini