Trump dan Kim Jong-un Mungkin akan Akhiri Perang Korea dalam Pertemuan di Singapura

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 08 18 1908171 trump-dan-kim-jong-un-mungkin-akan-akhiri-perang-korea-dalam-pertemuan-di-singapura-073AD76m1J.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan dia dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mungkin akan menandatangani perjanjian untuk mengakhiri Perang Korea dalam pertemuan mereka di Singapura pada 12 Juni mendatang. Trump juga mengungkapkan harapannya agar pada akhirnya dapat menormalisasi hubungan Amerika Serikat dengan Korea Utara.

BACA JUGA: Wilayah Udara Singapura Dibatasi Selama Berlangsungnya KTT Trump-Kim

"Yah bisa jadi, kami bisa menandatangani perjanjian, karena Anda tahu itu akan menjadi langkah pertama ... tapi ya ... kita melihatnya, kita membicarakannya dengan banyak orang lain .. . Itu mungkin bagian yang mudah, bagian yang sulit tetap setelah itu, ” kata Trump pada pernyataan pers bersama Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (8/6/2018).

Pembahasan mengenai kesepakatan untuk mengakhiri secara resmi Perang Korea sebelumnya telah diangkat saat Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada KTT antar-Korea yang digelar akhir April lalu. Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin Korea mengatakan akan kembali melakukan pertemuan multilateral dengan melibatkan negara sekutu mereka yaitu Amerika Serikat dan China untuk mewujudkan penghentian konflik yang dimulai pada 1950 itu.

BACA JUGA: Pulau Sentosa Dipilih Jadi Lokasi Pertemuan Trump dan Kim Jong-un

Pertemuan antara Trump dan Kim Jong-un telah dinantikan oleh banyak pihak yang berharap peristiwa bersejarah itu dapat membuka jalan pada denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea. KTT yang akan berlangsung di Pulau Sentosa itu akan menjadi pertemuan pertama antara seorang Presiden Amerika Serikat yang sedang menjabat dengan seorang Pemimpin Korea Utara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini