Pemprov DKI Jakarta Akan Berikan Modal kepada Wirausaha Pemula

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 21:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 08 338 1908474 pemprov-dki-jakarta-akan-berikan-modal-kepada-wirausaha-pemula-5p2pbuZ58z.jpg Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiga Uno di OK OCE Mart (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan fasilitas bagi para wirausaha pemula yang tidak memiliki modal dan tergabung dalam Program One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK OCE) untuk mendapatkan kredit permodalan melalui Kredit Oke Oce Monas.

Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, bahwa kredit Monas Pemula ini dapat digunakan nantinya untuk modal kerja maupun investasi produktif dengan maksimal kredit yaitu Rp 10 juta dengan bunga 7 persen.

Sandiaga Uno Hadiri Ramadan Week OK OCE Goes to Mall

"Sistemnya kredit Monas Pemula Ok Oce sebesar 10 juta rupiah. Dia (wira usaha) dapat bunga sekitar 7 persen," ujar Sandiaga di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Dengan adanya hal ini, kata Sandiaga, nantinya akan memberikan kemudahan bagi warga DKI Jakartan bagi yang ingin memulai sebuah usaha. Terutama bagi pemula yang tidak memiliki modal.

"Ini paket terbaik modal kerja bagi wirausaha-wirausaha pemula. Terutama ibu-ibu kemarin yang punya usaha nasi manado, sebelumnya meminjam ke rentenir, bunganya 2-3 persen per bulan," jelas dia.

Di sisi lain, Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi mengatakan, didalam Penyaluran kredit tersebut akan diberikan kepada peserta OK OCE yang sudah melewati 6 tahapan dari 7 tahapan.

Tahapnya, sambung Kresno, yakni Pasti Sukses yang mencakup pendaftaran (P1), pelatihan (P2), pendampingan (P3), perizinan (P4), pemasaran (P5), pelaporan keuangan (P6), dan akses permodalan (P7).

"Dengan begitu, proses kredit kepada UMKM pemula binaan OK OCE tetap disalurkan dengan memenuhi prinsip kehati-hatian," ungkap Kresno.

Ia juga menyampaikan bahwa nantinya di dalam pembayaran pihak Bank DKI akan melalui layanan cash pick up dengan mobile collection dengan tujuan memberikan sebuah kemudahan bagi para peserta OK OCE.

“Bertujuan untuk memberikan kemudahan karena setiap angsuran yang disetorkan akan memiliki struk tanda terima yang sah dan tercatat pada sistem Bank DKI,” pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini