Alasan Polisi Larang Mudik Gunakan Sepeda Motor

Mufrod, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 11 15 1909145 alasan-polisi-larang-mudik-gunakan-sepeda-motor-eyEOPHsDHp.jpg Pelepasan mudik gratis. (Foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA – Pihak kepolisian gencar melakukan imbauan, bahkan anjuran keras, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Solusi yang diberikan pun, pemudik diminta memanfaatkan program mudik gratis yang diadakan banyak perusahaan swasta dan BUMN.

Tingginya angka kecelakaan setiap tahun pada musim mudik melibatkan pengguna sepeda motor. Komitmen pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dan kepolisian yakni menurunkan angka kecelakaan khususnya yang melibatkan pengguna sepeda motor setiap tahunnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara mengungkapkan risiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi oleh pengendara sepeda motor karena kesadaran terhadap bahayanya sepeda motor untuk melakukan perjalanan jauh.

"Sepeda motor itu bukan kendaraan yang laik untuk melakuakn perjalanan jauh," tegas Pagara di sela pelepasan mudik gratis bareng PT Astra Honda MOtor (AHM), Minggu 10 Juni 2018.

"Pengendara sepeda motor itu sering nekat melawan arus, bahkan dalam perjalanan mudik kapasitasnya memuat tiga hingga empat orang yang secara ideal jumlah tersebut membahayakan pengendara. Salah satunya tak dapat mengontrol kendaraan pada kondisi tertentu."

Dirinya mengimbau agar para pemudik saat ini memanfaatkan program mudik gratis yang banyak diselenggarakan pemerintah dan kalangan swasta. "Ini merupakan program yang sangat baik dan perlu di dukung dalam menurunkan angka kecelakaan pengendara sepeda motor tiap tahunnya," jelasnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini