nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sandiaga Akan Ciptakan Lapangan Kerja Berbasis Lingkungan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 11 Juni 2018 02:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 11 338 1909009 sandiaga-akan-ciptakan-lapangan-kerja-berbasis-lingkungan-p1N234IQK1.jpg Wagub DKI Jakarta, Sandiaga Uno (foto: Okezone)

JAKARTA - Perhatian masyarakat akan pentingnya menjaga aliran sungai masih sangat minim. Kebiasaan dalam membuang sampah di aliran sungai menjadi salah satu masalah yang belum juga dapat diselesaikan.

Untuk itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong peran serta aktivis lingkungan untuk mengatasi persoalan kelestarian lingkungan khususnya sungai Ciliwung.

"Yang kita lakukan satu penekanan fokus agar aktivis lingkungan yang akan menjaga lingkungan hidup terutama sungai-sungai di Jakarta akan menciptakan green job yaitu lapangan kerja berbasis lingkungan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menghadiri acara 'Malam Inagurasi Aktivis Sungai se-DKI' di Villa Palem, Cipedak, Jakarta Selatan, Minggu, (10/6/2018).

Dengan adanya peran daripada para aktivis lingkungan tersebut dalam melestarikan lingkungan, Sandiaga meyakini akan melahirkan lapangan kerja baru berbasis lingkungan.

"Lapangan kerja berbasis lingkungan ini akan memastikan bahwa sungai-sungai kita, badan air kita, maupun lingkungan hidup di DKI Jakarta terlestarikan, dan ini adalah gelombang baru penciptaan lapangan kerja, nah kami akan bekerjasama dengan para aktivis ada Laskaru, ada masyarakat peduli ciliwung, ada gerakan ciliwung bersih, ada juga temen-temen yang tergabung dalam Kali Pesanggrahan," tuturnya

"Ini adalah suatu embrio membangun kemitraan antara pemerintah dunia usaha komunitas dan masyarakat ini yang kita harapkan bisa menciptakan 20 hingga 30 ribu lapangan kerja hijau yang ingin kita ciptakan," tambah Sandiaga.

Sandi mengungkapkan, green job yang dimaksudnya adalah untuk memastikan agar masyarakat paham dan tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan sungai. Dengan begitu kata Dia nantinya sungai juga dapat menjadi tempat wisata bagi masyarakat.

"Salah satunya untuk memastikan adanya edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang limbah dan mulai meyakinkan masyarakat untuk merelokasi dalam sebuah konsep land consolidation, ini kita harapkan nanti badan sungainya maupun bantaran sungai itu bisa di naturalisasi dengan baik dan akan menjadi tempat pariwisata," tukasnya.

Disamping itu Sandiaga juga mengungkapkan, rencananya ia akan kembali berlomba dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan berenang di Sungai Ciliwung.

"Ini saya akan nyemplung di Susi versus Sandi jilid tiga mudah mudahan ibu Susi mau kita akan coba, kemarin sudah di Danau Sunter, sudah di Pulau Tidung di laut, kita coba ini yang paling extrime dan difficult (sulit) yaitu sungai," terangnya.

"Saya aja ngebayanginnya (berenang di sungai) aja cukup ini (khawatir) tapi mereka (aktivis lingkungan) menjamin, dan kalo temen-temen menjamin saya berani nyemplung," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Sandi juga membacakan deklarasi aktivis lingkungan se-DKI Jakarta yang berbunyu untuk mendukung program pemerintah DKI Jakarta dalam naturalisasi dan memperbaiki kualitas air di ibukota.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini