nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil LCGC Tak Mampu Lintasi Tanjakan Kenteng, Benarkah?

Mufrod, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 15 1909651 mobil-lcgc-tak-mampu-lintasi-tanjakan-kenteng-benarkah-4VUAqgHGnF.jpeg Tanjakan Kali Kenteng. (Foto: Ist)

JAKARTA – Pembangunan Jalan Tol Salatiga hingga Kartasura yang tahun ini dibuka untuk membantu mengurai pemudik menuju beberapa wilayah di Jawa Tengah dan sekitarnya menjadi perhatian para pemilik kendaraan.

Sebuah tanjakan yang banyak beredar memiliki sudut kemiringan 50 derajat yang banyak beredar langsung ditepis pemerintah melalui Kementerian PUPR dan pengembang. Bahkan, informasi rilis dari pengembang yang membangun jembatan tersebut sudut kemiringannya hanya mencapai 22,2 derajat.

Tanjakan Kali Kenteng yang berada di Susukan, Kabupaten Semarang, merupakan jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura. Mendadak viral setelah sebuah mobil yang diketahui salah satu kendaraan Low Cost Green Car (LCGC), harus dibantu mengganjal oleh polisi karena tak kuat menanjak.

Video tersebut justru menjadi momok dan ketakutan pemudik untuk melewati jalan tol fungsional tersebut untuk menuju ke beberapa wilayah selama arus mudik berlangsung.

Bahkan kabar pemilik mobil LCGC dilarang melintas tanjakan tersebut karena tidak akan kuat menanjak karena kapasitas mesin kecil. Sayangnya kabar yang beredar di media sosial itu justru dinilai sebagai informasi yang valid oleh sebagian pemudik yang takut melintas Tanjakan Kenteng.

Idealnya, menurut Direktur Rifat Drive Labs (RDL) Rifat Sungkar, pada dasarnya sebuah mobil memiliki momentum putaran tenaga bawah (torsi) yang harus dipahami pemilik mobil untuk digunakan di jalanan menanjak. Penggunaan gear rendah tentu harus menjadi pilihan pengemudi saat menanjak.

Pada kondisi tersebut, pengemudi dituntut terhadap kemampuan mengemudi dan memahami karakter mobil yang dikemudikannya. Sehingga dalam kondisi apa pun pengemudi siap jika kemampuan dan karakter mobil yang dikenalinya untuk menghadapi segala medan, tak hanya tanjakan.

Tanjakan Kenteng. (Foto: Ist)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini