Mobil Tak Berdaya Lewati Tanjakan Kenteng, Perhatikan 3 Hal Ini

Mufrod, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 15 1909661 mobil-tak-berdaya-lewati-tanjakan-kenteng-perhatikan-3-hal-ini-0Z5AFYbLEL.jpeg Tanjakan Kali Kenteng. (Foto: Antara)

JAKARTA – Tanjakan Kali Kenteng di wilayah Susukan, Kabupaten Semarang, yang merupakan jalan tol fungsional Salatiga-Kartasura. Dinilai sebagai jalur yang tak berdaya bagi mobil sekelas Low Cost Green Car yang memiliki kapasitas mesin kecil. Namun, hal tersebut tak menjadi ukuran utama mobil LCGC tak mampu melewati Tanjakan Kenteng.

Menurut Didi Ahadi, Diler Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), banyak faktor yang menyebabkan mobil tak kuat melintasi tanjakan curam dan ukurannya bisa terjadi di mobil mana saja tak terkecuali mobil LCGC.

Ia mengatakan, untuk semua mobil Toyota sendiri telah melewati pengujian berbagai macam kondisi jalan di Indonesia, artinya produk tersebut sudah lebih dulu di uji dan sesuaikan dengan kontur jalan di Indonesia.

Tanjakan Kenteng. (Foto: Ist)

Meski demikian, lanjut Didi, ada tiga hal yang perlu diperhatikan pemudik ketika mobil mengalami kurang tenaga saat melewati tanjakan bisa diakibatkan karena kondisi mobil dalam kondisi kurang maksimal.

"Kondisi mobil seperti Kopling, Rem, Ban Harus dalam kondisi baik," jelas Didi saat dihubungi Okezone, Senin 11 Juni 2018.

Masalah kedua yang harus diperhatikan yakni muatan barang yang di bawa berlebih akan menambah beban kinerja mesin semakin berat. Kondisi inilah pengemudi diharuskan mencari momentum tenaga maksimal dari putaran bawah mesin saat mobil akan melintasi tanjakan.

Perlu diperhatikan juga ketika mobil dalam kondisi prima namun kemampuan pengemudinya tak baik. Maka kondisi mobil tak mampu menanjak bisa saja terjadi. Penting pengemudi juga memiliki kemampuan mengemudi yang baik saat melakukan perjalanan mudik.

"Kemampuan mengemudi merupakan hal penting di luar ketangguhan sebuah mobil, hal tersebut penting agar mobil bisa dikemudikan dengan baik dalam berbagai kondisi jalan," pungkas Didi.

Tanjakan Kenteng. (Foto: Ist)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini