nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Miliki Kepentingan di Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 05:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909498 china-miliki-kepentingan-di-pertemuan-donald-trump-dan-kim-jong-un-D3nkJqNEfC.jpg Kim Jong-un dan Xi Jinping. (Foto: Reuters)

CHINA memang tidak ikut langsung dalam pertemuan puncak konferensi tingkat tinggi (KTT) antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, tetapi dari beberapa segi, Beijing akan berperan sebagai pihak ketiga yang tidak kelihatan di dalam ruangan pertemuan itu.

Seperti banyak negara di kawasan tersebut, China akan mengamati pertemuan puncak Trump-Kim dengan saksama, untuk melihat tanda-tanda kemungkinan dampak pertemuan tersebut terhadap kepentingannya.

Dalam suasana yang bergejolak menuju pertemuan itu, China telah memainkan peran yang signifikan. Para analis memerhatikan partisipasi Beijing dalam perluasan sanksi internasional adalah faktor kunci yang membuat Kim datang ke meja perundingan. Namun, China telah melonggarkan penegakan sanksi dalam beberapa bulan ini.

Sebelum pertemuan yang dijadwalkan digelar hari ini, Presiden China Xi Jinping bertemu dua kali dengan Kim Jong-un. Pada Senin 10 Juni, Kementerian Luar Negeri China mengukuhkan bahwa Kim terbang ke Singapura dengan pesawat penumpang Air China.

China tidak menjelaskan apakah Beijing menanggung biaya perjalanan itu. Tetapi, mereka menyediakan pesawat tersebut atas permohonan Pyongyang.

Sebagai mitra perdagangan terbesar Korea Utara dan sekutu internasional paling erat, sukses atau gagal pertemuan KTT Trump-Kim dapat membawa konsekuensi yang sangat lama bagi Beijing.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini