nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Baik KTT Trump-Kim, PBB Tegaskan Siap Bantu Denuklirisasi Korea Utara

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 06:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909501 sambut-baik-ktt-trump-kim-pbb-tegaskan-siap-bantu-denuklirisasi-korea-utara-KBTbaWptjH.jpg Donald Trump dan Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

SEKRETARIS Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres menyambut baik pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Singapura. Ia menyebutnya sebagai perkembangan yang menjanjikan terhadap perdamaian dan keamanan dunia.

Guterres mengatakan, jika kedua pihak meminta, badan PBB yang relevan siap membantu proses denuklirisasi, termasuk verifikasi.

"Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memiliki mandat menerapkan keamanan pada semua penggunaan materi nuklir untuk tujuan damai, termasuk semua materi yang diambil dari program militer," ujar Guterres.

Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano pekan lalu mengatakan, badannya siap memulai lagi kegiatan verifikasi nuklir di Korea Utara jika ada kesepakatan politik yang memungkinkannya.

IAEA selama ini menjadi pemain kunci dalam memantau dan memverifikasi kepatuhan Iran pada kesepakatan 2015. Pada 2003, IAEA mengirim inspektur ke Irak, di mana mereka menyimpulkan, pemerintah tidak melakukan kegiatan nuklir yang terlarang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini