Jabat Tangan Perdana Trump dan Kim Jong-un Memulai KTT Bersejarah AS-Korut

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 08:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909508 jabat-tangan-perdana-trump-dan-kim-jong-un-memulai-ktt-bersejarah-as-korut-ujx2wNe7in.jpg Foto: CNN.

SINGAPURA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un telah bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, lokasi di mana keduanya akan melakukan pertemuan yang banyak dinantikan dunia.

Untuk pertama kalinya, kedua pemimpin bertatap muka dan berjabat tangan, memulai KTT bersejarah antara kedua negara. Keduanya kemudian bergerak menuju ke ruang pertemuan.

BACA JUGA: Rakyat Korea Selatan Optimis KTT Trump-Kim Hasilkan Perdamaian

Pertemuan yang akan dimulai pukul 9 waktu setempat ini diharapkan dapat membuka jalan ke arah denuklirisasi program nuklir Korea Utara dan perdamaian di Semenanjung Korea. Ini juga merupakan pertemuan pertama antara Presiden Amerika Serikat yang menjabat dengan pemimpin dari Korea Utara.

Trump menjadi yang pertama tiba di Hotel Capella, sementara tayangan televisi menunjukkan iring-iringan mobil Kim tiba kemudian. Presiden ke-45 Amerika Serikat itu mengatakan dirinya merasa optimis, hasil yang baik akan dihasilkan dari pertemuannya dengan Kim Jong-un.

Sebelum pertemuan pemimpin dilakukan, pejabat dari kedua negara telah terlebih dahulu melakukan pembicaraan membahas dasar-dasar isu yang akan diangkat dalam KTT kali ini. Pertemuan staf kedua negara dilaporkan berlangsung cepat dan lancar.

BACA JUGA: Sambut Baik KTT Trump-Kim, PBB Tegaskan Siap Bantu Denuklirisasi Korea Utara

Namun, Trump menegaskan bahwa pada akhirnya pertemuan antara dirinya dengan Kim-lah yang akan menentukan hasil akhirnya.

“Pada akhirnya, itu tidak masalah. Kita semua akan segera tahu apakah kesepakatan nyata, tidak seperti yang terjadi di masa lalu, bisa terjadi! ” ujarnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini