nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump dan Kim Jong-un Bawa Beberapa Stafnya dalam Pertemuan Sesi Kedua

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 09:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909532 ini-beberapa-pejabat-yang-dibawa-trump-dan-kim-jong-un-dalam-pembicaraan-di-singapura-aZkS6oxkky.jpg Foto: AFP.

SINGAPURA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un telah memulai rangkaian pembicaraan putaran kedua setelah pertemuan empat mata mereka selesai. Dalam sesi kedua ini, Trump dan Kim akan melibatkan staf mereka dalam perundingan.

Dilansir CNN, Selasa (12/6/2018), beberapa pejabat yang dibawa Trump untuk ambil bagian dalam pembicaraan tersebut adalah Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo; Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton; Kepala Staf Gedung Putih, John Kelly dan seorang penerjemah.

BACA JUGA: Trump Sebut Surat dari Kim Jong-un Menarik, Meski Belum Membukanya

Diplomat kawakan, Kim Yong Chol yang pernah bertemu dengan Trump dan mengirimkan surat pribadi Kim Jong-un ke Gedung Putih, duduk di sisi Korea Utara bersama Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho dan Wakil Ketua Komite Pusat Partai Pekerja Korea Ri Su Yong. Sementara Kim Yo Jong, adik Kim Jong-un yang biasanya tampil bersama kakaknya dalam sejumlah upaya diplomasi Korea Utara, kali ini tidak terlihat.

“Kita akan berhasil,” kata Trump kepada Kim Jong-un yang duduk di seberangnya. “Dan saya menantikan untuk bekerja dengan Anda semua,” lanjutnya.

Pertemuan sesi kedua ini dijadwalkan akan berlangsung sampai pukul 11.30 saat kedua pemimpin dan delegasi akan melakukan makan siang kerja.

BACA JUGA: Seperti Inilah Susunan Acara KTT Kim-Trump di Singapura

Presiden Trump sebelumnya mengatakan bahwa dirinya tidak berharap KTT kali ini akan langsung menghasilkan sebuah kesepakatan. Dia mengatakan, pertemuannya dengan Kim adalah sebuah proses yang diharapkan dapat membuka jalan menuju perdamaian.

Meski begitu, dia juga menegaskan bahwa dia tidak ingin pertemuan kali ini sia-sia dan buang-buang waktu.

Sore nanti, Trump akan berpartisipasi dalam media availability di mana dia akan menjawab pertanyaan jurnalis dan awak media mengenai hasil dari pembicaraannya dengan Kim Jong-un dan pejabat Korea Utara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini