Trump: Perang Korea Akan Segera Berakhir

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 17:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909753 trump-perang-korea-akan-segera-berakhir-wSlZphirm1.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Reuters)

SINGAPURA – Berbicara di depan awak media usai pertemuan tingkat tinggi yang bersejarah, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa dia berharap Perang Korea akan segera berakhir. Konflik berdarah antara dua Korea itu pecah pada 1950 atau lebih dari 70 tahun lalu dan sampai hari ini secara teknis masih berlangsung.

BACA JUGA: HISTORIPEDIA: Perang Korea Pecah

“Hampir 70 tahun yang lalu, sebuah konflik yang sangat berdarah melanda semenanjung Korea. Banyak orang tewas dalam konflik, termasuk puluhan ribu warga Amerika yang berani. Meski gencatan senjata disepakati, perang tidak pernah berakhir sampai hari ini, tidak pernah berakhir, tetapi sekarang kita semua dapat berharap bahwa itu akan segera berakhir, dan itu akan terjadi,” kata Trump sebagaimana dilansir CNN, Selasa (12/6/2018).

"Masa lalu tidak harus menentukan masa depan. Konflik kemarin tidak harus menjadi perang besok. Dan karena sejarah telah terbukti berulang-ulang, musuh memang bisa, menjadi teman," lanjutnya.

BACA JUGA: Trump dan Kim Jong-un Mungkin akan Akhiri Perang Korea dalam Pertemuan di Singapura

Keinginan untuk secara resmi untuk mengakhiri Perang Korea telah dikemukakan sejak KTT antar-Korea yang mempertemukan Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada April lalu. Saat itu kedua belah pihak mengungkapkan keinginannya untuk menggelar pertemuan lanjutan dengan melibatkan China dan Amerika Serikat untuk mengakhiri konflik tersebut.

Presiden Trump juga mengungkapkan keinginannya untuk mengakhiri Perang Korea dalam sebuah komentar beberapa hari menjelang pertemuannya dengan Kim Jong-un.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini