PM Jepang: Hasil Pertemuan Trump-Kim Langkah Menuju Pelucutan Nuklir Korut

ant, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 04:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 12 18 1909852 pm-jepang-hasil-pertemuan-trump-kim-langkah-menuju-pelucutan-nuklir-korut-rAkWlguhJp.jpg PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: AFP)

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyambut pernyataan bersama, yang ditandatangani Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, sebagai langkah pertama dalam pelucutan nuklir Korea Utara.

"Kami melihat itu sebagai langkah dalam resolusi menyeluruh," kata Abe di Tokyo setelah berbicara melalui telefon dengan Trump.

Jepang ingin Korea Utara menyetujui pelucutan nuklir secara penuh, dapat dipastikan dan tidak dapat diubah. Dalam pernyataan bersama itu, Kim bertekad bahwa Korea Utara "akan bekerja menuju pelucutan nuklir secara penuh di Semenanjung Korea".

Abe menambahkan bahwa dia "ingin mengucapkan terima kasih kepada presiden Trump karena mengangkat masalah penculikan".

Trump dan Kim Sepakati Kerjasama Kedua Negara

Hal itu merujuk pada permintaan pemerintah Jepang agar Korea Utara membebaskan sisa warga Jepang, yang diculik untuk melatih mata-mata Korea Utara.

Pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un menghasilkan sebuah dokumen yang ditandatangani oleh kedua pemimpin. Dokumen tersebut membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian dan bahasan utama dalam KTT bersejarah antara kedua pemimpin.

“Presiden Trump dan Ketua Kim Jong-un melakukan pertukaran opini yang mendalam dan tulus tentang isu pembentukan hubungan Amerika Serikat dan DPRK (nama resmi Korea Utara) yang baru dan pembangunan rezim yang kuat dan bertahan lama di Semenanjung Korea.

Trump dan Kim Sepakati Kerjasama Kedua Negara

"Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada DPRK, dan Ketua Kim Jong-un menegaskan kembali komitmennya yang kuat dan tak tergoyahkan untuk menyelesaikan denuklirisasi di Semenanjung Korea,” demikian isi teks yang tercantim dalam dokumen tersebut.

Selain poin di atas, terdapat sebuah isu lagi yang juga disepakati dan tercantum dalam dokumen yang ditandatangani, yaitu mengenai jasad tahanan dan korban yang tewas selama Perang Korea termasuk pemulangan jasad yang telah teridentifikasi.

Presiden Amerika Serikat ke-45 itu mengatakan bahwa dia yakin Kim Jong-un akan menepati kesepakatan yang tercantum dalam dokumen yang mereka berdua tanda tangani. Dan memuji Kim sebagai seorang pemimpin yang berbakat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini