Harapan Jokowi dari Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim Jong-un

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 337 1909697 harapan-jokowi-dari-pertemuan-bersejarah-trump-dan-kim-jong-un-6fnK43AOH6.jpg Presiden Jokowi konferensi pers di Istana Bogor (Antara)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pertemuan antara Presiden Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dia berharap pertemuan kedua pimpinan negara itu dapat mengakhiri konflik di Semenanjung Korea.

"Kita berharap hasil KTT ini dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian baik di kawasan Semenanjung Korea, di kawasan kita maupun perdamain dunia," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6/2018).

Pertemuan bersejarah Kim dan Trump berlangsung di Singapura, hari ini. Pertemuan berkangsung sangat cair. Donald Trump dan Kim Jong-un sempat melakukan pertemuan empat mata sebelum memutuskan bertemu di Negeri Singa.

Setelah pertemuan berakhir, Trump menegaskan proses denuklirisasi di Semenanjung Korea akan segera dimulai dan berlangsung dalam waktu dekat. "Kami memulai proses tersebut," ujar Trump.

Pertemuan Kim Jong-un dan Donald Trump (AP Photo)

Selanjutnya Donald Trump dan Kim Jong-un menandatangani dokumen, yang salah satu poinnya dikabarkan adalah mengenai denuklirisasi di Semenanjung Korea. Kemudian keduanya berjalan bersama menuju sebuah area di Hotel Capella.

Setelah itu Donald Trump dan Kim Jong-un berjabat tangan dan memastikan kembali menggelar pertemuan bersama. "Kita akan bertemu lagi. kita akan sering bertemu," tutur Trump.

Sementara itu, Kim Jong-un memastikan Korea Utara dan Amerika Serikat telah memutuskan untuk meninggalkan hal-hal yang sudah berlalu. "Hari ini, kita mengadakan pertemuan bersejarah. Dunia akan melihat perubahan besar," ungkap Kim.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini