nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Terpantau Lancar, Program Infrastruktur Jokowi Dinilai Berhasil Atasi Kemacetan

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 12 337 1909855 mudik-terpantau-lancar-program-infrastruktur-jokowi-dinilai-berhasil-atasi-kemacetan-moJNm7eXKp.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

JAKARTA - Arus lalu lintas pada musim mudik lebaran tahun ini dirasakan cukup lengang alias sepi di hampir seluruh jalur penghubung antara Jakarta dan sekitarnya. Salah satu ruas yang dirasakan cukup mendapat sorotan pada setiap musim mudik yakni jalur Pantura dan jalur selatan.

Kenakan Batik Coklat, Presiden Jokowi Buka Bersama MPR

Kedua jalur penghubung ke beberapa daerah di Jawa tersebut cukup lancar pada arus mudik lebaran tahun ini. Diperkirakan, kelancaran arus itu karena rampungnya beberapa ruas jalan alternatif yang bisa digunakan oleh pemudik.

Direktur Institute Tranportasi, Milatia Kusuma‎ menilai, beberapa program infrastruktur pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) cukup sukses mengurangi kemacetan pada musim mudik tahun ini. Hal lain yang juga menunjang menurutnya adalah program perpanjangan libur lebaran.

Infografis

"So far (sejauh ini) berjalan cukup baik. Infrastruktur tol yang sudang menyambung sangat membantu. Ditambah lagi libur yang diperpanjang membuat orang mempunyai pilihan hari keberangkatan yang lebih fleksibel," kata Milatia saat dikonfirmasi Okezone, Selasa 12 Juni 2018.

Milatia menyatakan, beberapa program pembangunan infrastruktur jalur penghubung ‎antarsatu kota ke kota lain dirasakan cukup bermanfaat bagi para pemudik. Tak hanya itu, sejumlah tempat pemberangkatan angkutan umum juga tidak begitu terjadi kepadatan.

"Penumpukan penumpang di terminal darat dan udara juga tidak terlalu gila-gilaan," nilainya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini