Safari Ramadan, Perindo Sumut Fokus Penguatan Bakal Caleg

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 13:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 12 340 1909603 safari-ramadan-perindo-sumut-fokus-penguatan-bakal-caleg-D2GmUaOP41.jpg

MEDAN – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Perindo Sumatera Utara melanjutkan program Safari Ramadan 2018 ke daerah pemilihan IV-Medan, yang meliputi Kecamatan Medan Amplas, Medan Denai, Medan Area dan Medan Kota.

Kegiatan Safari Ramadan tersebut berlangsung di Cafe Mood, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Senin (11/6/2018) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPW Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan; Sekretaris Wilayah Perindo Sumut, Donna Yulieta Siagian; Wakil Ketua Bidang Kader Anggota dan Saksi Perindo Sumut yang juga Ketua Tim Seleksi Bacaleg Perindo Sumut, Budianta Tarigan; Wakil Sekretaris Internal Perindo Sumut, Joko Soekardi; Sekretaris DPD Perindo Medan, Leo Simbolon, pengurus DPC Perindo sedapil IV-Medan, dan seluruh bacaleg yang maju dari dapil IV-Medan.

Kegiatan Safari Ramadhan Perindo Sumut 2018, diisi dengan pembagian ratusan takjil kepada pengguna jalan yang tengah melintas di Jalan Sisingamangaraja Medan, tepat di depan café tempat berlangsungnya acara Safari Ramadhan tersebut. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan ceramah dari pemuka agama serta berbuka puasa bersama dan pembagian santunan anak yatim dan kaum dhuafa.

Safari Ramadan tersebut ditutup dengan rapat konsolidasi antara DPW Perindo Sumut, Tim Seleksi Bacaleg Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Pengurus DPD Perindo Medan, pengurus DPC Perindo sedapil IV-Medan, dan seluruh bacaleg yang maju dari dapil IV-Medan.

Ketua DPW Partai Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, Safari Ramadhan kali ini merupakan Safari Ramadhan ketiga yang mereka lakukan di wilayah Medan. Selain di Medan, Safari Ramadhan Perindo Sumut juga dilakukan di seluruh daerah pemilihan Sumatera Utara-I untuk DPR-RI, yang meliputi, Medan, Deliserdang, Serdangbedagai dan Tebingtinggi.

 

“Jadi memang Perindo pada ramadhan tahun ini, keliling terus, khususnya di dapil I-Sumut. Tujuan utamanya silaturahim, konsolidasi, penguatan, DPW, DPD dan DPC dan juga bacaleg yang telah mendaftar dan kita lihat berpotensi untuk maju,”kata Rudi.

Dalam Safari Ramadhan yang mereka lakukan ini, lanjut Rudi, penguatan terhadap para bacaleg menjadi salah satu prioritas mereka. Hal itu dilakukan agar calon legislative dari Perindo benar-benar siap menghadapi perang yang sebenarnya di Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

“Kita sudah lolos verifikasi di 2017 dan hari ini kta masuk ke gelanggang, dan harus bisa memenangkan di Pileg 2019,”tukasnya.

Penguatan yang dimaksud Rudi, adalah penguatan dari tahap penyeleksian para bacaleg yang dilakukan oleh tim seleksi di tingkat Provinsi maupun Kabupaten Kota. Penguatan selanjutnya adalah penguatan kinerja, sehingga bacaleg-bacaleg yang terpilih, bisa melakukan kerja-kerja politik yang benar.

“Yang pertama bagaimana tim sel bisa menghasilkan bacaleg yang berkualitas. Jadi bukan hanya memenuhi kuantitas dan kuota 30 persen. Tapi kita menjaring kualitas dari bacaleg tersebut, yang benar-benar mampu. Dan kemudian tentunya, kita memberikan pengarahan terkait syarat pencalegan, karena jangan sampai karena itu kita dibatalkan oleh KPU. Yang paling penting, setiap kader harus bekerja cerdas dan bukan sebatas kerja keras,”pungkasnya.

Rudi juga menekankan pentingnya bagi para bacaleg untuk memanfaatkan program-program yang selama ini sudah digulirkan Partai Perindo di masyarakat. Para bacaleg harus kembali mampu mengaktifasi program-program itu, sehingga dapat membangun empati di masyarakat.

“Dari awal Partai Perindo adalah partai yang memiliki program bantuan tanpa henti kepada masyarakat. Jadi ini harus diaktifasi kembali. Apalagi nanti kami harus memenangkan, ini adalah proses yang kami hadapi, dan kami harus menang,”tandas Rudi.

Sementara itu Sekretaris DPD Perindo Medan, Leo Simbolon mengatakan, mereka sudah sangat siap menghadapi Pemilu Legislatif 2019 mendatang. Kesiapan tersebut, kata Leo, tergambar dari proses seleksi bacaleg yang sudah rampung saat ini.

Leo memaparkan, hingga awal Juni 2018 kemarin, jumlah bacaleg yang mendaftar ke Perindo untuk DPRD Kota Medan cukup membludak. Dari sekitar 50 yang dibutuhkan, sudah ada 120 orang yang mendaftar.

“Sisanya terpaksa kita eliminasi, tapi tetap kita rangkul. Khusus di dapil IV-Medan sendiri, sudah ada 26 orang yang mendaftar, padahal kebutuhan kita 10 orang. Untuk target, kita berharap bisa mendapat 2-3 kursi dari 10 kursin yang tersedia di dapil IV-Medan ini. Secara keseluruhan di Medan, kita berharap dapat memperoleh 7 kursi, sehingga bisa membentuk fraksi sendiri di DPRD nantinya,”tukas Leo.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini