nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jembatan Kali Kenteng Dipastikan Aman Dilintasi Pemudik

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 13:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 337 1910025 jembatan-kali-kenteng-dipastikan-aman-dilintasi-pemudik-ma0C1LuzHo.jpg Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa naik sepeda di Jembatan Kali Kenteng (Korlantas Polri)

JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa memastikan bahwa kondisi jalan Jembatan Kali Kenteng aman untuk dilintasi para pemudik yang melewati Tol fungsional Salatiga-Kartosuro, Jawa Tengah.

Jembatan Kali Kenteng sempat menjadi sorotan masyarakat lantaran memiliki kemiringan 7 derajat yang membuat beberapa kendaraan warga kesulitan melintasi jalur tersebut. Namun, saat meninjau langsung dengan bersepeda, Royke menegaskan bahwa jembatan tersebut aman dilalui pemudik.

"Di jembatan Kali Kenteng di Salatiga dan tanjakam elevasinya 7 derajat ataupun gradenya 10 persen, sebenernya dapat dilalui pengendara, banyak di Semarang tanjakan yang seperti ini apakah jalan lokal atau kabupaten kota, menggunakan sepeda saja bisa lewat apalagi kendaraan roda empat," kata Royke kepada awak media, Rabu (13/6/2018).

Dalam peninjauannya, menurut Royke, kendaraan pemudik hampir seluruhnya sudah dapat melalui tanjakan Kali Kenteng. Untuk memudahkan melintasi jembatan itu, Royke mengimbau agar pengendara tidak berlebihan muatan penumpang maupun barang bawaannya.

"Kalau overloading penumpang ataupun barang memang dilarang, karena dia akan mengganggu stabilitas kendaraan itu sendiri, baik di dalam saat menikung dan saat menurun khussnya bisa tidak berfungsi, saat dia manuverpun bisa terganggu," tutur dia.

Di sisi lain, Royke menyatakan kondisi tol fungsional Salatiga-Kartosuro ini sudah lebih baik jika dibandingkan dengan yang lain. Jalanan yang sudah beton namun tidak tampak kerikil di permukaannya.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Fungsional Salatiga-Kartosuro akan digunakan sampai arus balik lebaran, secara fungsional. Pihak kepolisian sendiri akan menutup jalur tersebut pada pukul 17.00 WIB.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini