nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Promo Apa Paling Dicari Konsumen Online Indonesia dan Malaysia Selama Ramadan?

Salman Mardira, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 14:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 13 337 1910047 promo-apa-paling-dicari-konsumen-online-indonesia-dan-malaysia-selama-ramadan-41TgwAFrB2.jpg Ilustrasi (shutterstock)

JAKARTA – Berburu promo di situs online jadi kebiasaan masyarakat zaman sekarang, tak terkecuali bagi konsumen di Indonesia dan Malaysia. Nah, promosi apa saja yang paling dicari konsumen online di Indonesia dan Malaysia selama Ramadan 2018?

Tim iPrice Indonesia meriset dan menganalisa promosi yang paling dicari konsumen kedua negara bertetangga itu menggunakan data search interest Google Trends selama periode 16 Mei–12 Juni 2018.

Hasilnya diketahui adalah promosi supermarket paling diminati konsumen online Indonesia.

“Menggunakan data Google Trends, kami mengetahui minat konsumen melalui kata kunci yang diasosiasikan dengan kata “promo”, “diskon”, dan voucher,” kata Indah Mustikasari, Content Marketing Executive iPrice dalam rilis hasil riset dan analisa timnya kepada Okezone, Rabu (13/6/2018).

Hasil data menunjukkan sebesar 39%kata kunci pencarian Googleyang paling popular selama Ramadan adalah promo supermarket dan minimarket seperti “promo Giant”, “promo Alfamart”, dan “diskon Superindo”.

 

“Besarnya minat promo di toko untuk membeli bahan makanan ini merefleksikan tradisi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, seperti kegiatan amal berbagi sembako, zakat fitrah, hingga menyiapkan kue-kue untuk lebaran,” sebut Indah.

Selain itu, sebesar 24% kata kunci popular merujuk pada promo-promo online marketplace seperti “Lazada promo”, “kode voucher Shopee”, “diskon Tokopedia”, dan “voucher Bukalapak”. Pencarian promo toko daring ini menunjukkan minat konsumen yang cukup tinggi untuk berbelanja di marketplace selama Ramadan.

Konsumen Indonesia juga memiliki minat yang tinggi dalam pencarian promo baju lebaran. Terhitung sebanyak 19% kata kunci mengasosiasikan dengan promo toko daring yang khusus menjual produk fashion, seperti “diskon Mataharimall” dan “voucher Zalora”.

Sisanya, konsumen Indonesia juga berminat para promo-promo ojek online dan promo tiket transportasi. Sebanyak 12% kata kunci merujuk pada “promo Grab”, “voucher Gojek”, “tiket promo” dan “diskon tiket pesawat”.

Rendahnya kata kunci promo tiket ini dapat dimaklumi mengingat orang Indonesia sudah jauh-jauh hari membeli tiket mudik Lebaran sebelum bulan Ramadan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Bagaimana dengan Malaysia?

Konsumen daring Malaysia ternyata paling banyak mencari promo tiket mudik. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang sudah jauh-jauh hari berburu tiket mudik, masyarakat Malaysia baru memiliki minat tinggi pada promo tiket pesawat di saat bulan Ramadan berlangsung.

“Data Google Trends di periode yang sama menunjukkan sebesar 59% kata kunci pencarian “promotion” paling populer selama Ramadan merujuk pada promo tiket pesawat Air Asia, Malindo Air, dan Malaysia Airlines,” ujar Indah.

Selain tiket pesawat, kata kunci pencarian paling populer lainnya sebesar 35% merujuk pada promosi supermarket seperti Aeon, Giant, dan Tesco. Sama seperti Indonesia, konsumen Malaysia juga senang membeli produk bahan makanan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri.

 

Data itu diperoleh dari pengunjung website iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia 3 minggu sebelum Ramadan dan 3 minggu selama Ramadan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini