nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rest Area Tol Cikampek Jadi Titik Kepadatan, Jasa Marga Lakukan Penertiban Kendaraan

Hantoro, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 11:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 338 1909979 rest-area-tol-cikampek-jadi-titik-kepadatan-jasa-marga-lakukan-penertiban-kendaraan-mHTzCVc0aS.jpg Kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: Twitter)

JAKARTA – Kepadatan kendaraan pemudik masih terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Titik-titik yang menimbulkan kemacetan terutama berasal dari lokasi peristirahatan (rest area). Sebut saja di Kilometer 19, KM 33, KM 39, KM 50, KM 57, serta Gerbang Tol Cikarang.

Guna mengantisipasi permasalahan tersebut, pihak Jasa Marga selaku pengelola jalan tol memiliki cara-cara tertentu. Hal itu sebagaimana diungkapkan Humas Manajer Jasa Marga Traffic Information Centre Hervian.

Ia mengatakan, di sejumlah rest area tersebut Jasa Marga menempatkan display monitor untuk memantau langsung keadaan terkini di sana. Kemudian mengerahkan petugas gabungan yang juga diisi personel kepolisian.

"Lalu mengatur keluar-masuk kendaraan di rest area secara bergantian untuk menghilangkan kepadatan. Selanjutnya petugas menertibkan kendaraan-kendaraan yang biasanya menggunakan bahu jalan untuk berisitirahat," ujar Hervian kepada Okezone, Rabu (13/6/2018).

Selain di lokasi peristirahatan tersebut, ada juga titik-titik kepadatan kendaraan pemudik. Di antaranya adalah di KM 7 sampai 41. Kemudian di KM 41 hingga 49 kembali lancar.

"Dilakukan sistem contraflow di lajur kanan untuk mengurai kepadatan. Hingga saat ini tercatat 89.838 unit kendaraan yang melintas," paparnya.

Sebagaimana diketahui, sejak Selasa 12 Juni sekira pukul 22.00 WIB, Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan kendaraan mudik. Kemacetan terutama terjadi di titik tempat-tempat peristirahatan, seperti KM 19, KM 33, KM 39, KM 50, KM 57, serta Gardu Tol Cikarang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini