nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Contraflow Jadi Solusi Urai Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek hingga Cipali

Wijayakusuma, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 21:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 13 338 1910193 contraflow-jadi-solusi-urai-kemacetan-di-tol-jakarta-cikampek-hingga-cipali-7bbMQLSYKM.jpg Ilustrasi Kemacetan Tol Cikampek (foto: Okezone)

BEKASI - Padatnya arus kendaraan pemudik di ruas Tol Cipali yang berlangsung sejak siang tadi, membuat kemacetan panjang hingga berjam-jam. Ekor kemacetan bahkan berimbas sampai ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Untuk mengurai kemacetan, pihak Jasa Marga bersama kepolisian dan PT Lintas Marga Sedaya, memberlakukan contra flow di Km 83 sampai Km 87. Sedangkan di bagian Timur, diberlakukan satu arah dari Km 162 sampai Km 169, dengan sistem buka tutup.

Arus Balik Lebaran, 600 Ribu Kendaraan Pemudik Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

"Sejak pukul 12.45 WIB arus lalu lintas di Tol Cipali padat merayap, bahkan sering berhenti. Beberapa titik kemacetan di bagian Barat disebabkan perlambatan kendaraan yang parkir di bahu jalan. Rencananya akan dibuatkan one way dari Japek ke Kalijati," kata Vice President Director PT Lintas Marga Sedaya, Firdaus Azis, Rabu (13/6/2018). 

Sementara di Tol Jakarta-Cikampek (Japek), contraflow juga masih diberlakukan di Km 35 sampai Km 61. Meski volume kendaraan cenderung menurun, namun kepadatan masih terjadi di sejumlah titik, seperti keluar masuk rest area dan penyempitan lajur (bottle neck). Contraflow, dianggap menjadi salah satu solusi terbaik mengurai kemacetan di Tol Japek hingga Cipali.

"Contraflow akan terus diberlakukan sampai kepadatan benar-benar terurai. Jasa Marga juga bekerjasama dengan Kepolisian masih melakukan buka tutup pengalihan arus lalu lintas ke GT Cikarang Barat 3 untuk masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 1," kata Humas Jasa Marga Tol Jakarta Cikampek, Irwansyah.

Menurutnya, sebanyak 563.083 unit kendaraan telah melewati Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Tol Jakarta-Cikampek (Japek), sejak H-8 hingga H-3 Lebaran. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60 persen kendaraan menuju jalur Utara (via GT Palimanan dan GT Cikampek), dan 40 persen lagi menuju Jalur Selatan (via GT Sadang dan GT Cileunyi).

"Volume kendaraan mengalami peningkatan sebesar 39,8 persen dari angka lalu lintas normal, yakni sebesar 402.672 unit kendaraan," ujarnya. 

Arus Balik Lebaran, 600 Ribu Kendaraan Pemudik Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

Sementara pada H-3 Lebaran, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama, tercatat sebanyak 104.690 unit, dimana jumlah tersebut mengalami peningkatan 55,99 persen dari volume lalu lintas normal, yaitu 67.112 kendaraan.

Sedangkan di H-2 ini, lanjut Irwansyah, jumlah arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek mulai mengalami penurunan. Jumlah kendaraan yang akan meninggalkan Jakarta, diprediksi hanya sebesar 89.838. 

"Jumlah arus mudik sudah mulai menurun. Kepadatan sekarang mulai dari Cibitung. Yang tadi pagi mulai dari Jatibening," akunya.

Untuk mempermudah perjalanan, pihak Jasa Marga mengimbau agar pemudik mengecek terlebih dulu segala persiapan sebelum memasuki gerbang tol.

"Pastikan saldo uang elektronik Anda cukup sebelum memasuki jalan tol. Karena layanan top up tunai di gerbang tol hanya untuk kondisi darurat," tandasnya.

Dari pantauan Okezone, sore hingga malam ini arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek terpantau mulai lancar, dengan hanya dilintasi beberapa kendaraan setiap menitnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini