nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dugaan Penyebab Tenggelamnya Kapal di Selat Makassar yang Tewaskan 13 Orang

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 03:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 13 340 1910191 dugaan-penyebab-tenggelamnya-kapal-di-selat-makassar-yang-tewaskan-13-orang-eJvHAgjSk5.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Kapal Motor (KM) Arista yang tenggelam di perairan Makassar, Sulawesi Selatan diduga bukan transportasi yang diperuntukan untuk angkutan umum.

"Kapal penumpang milik pribadi, bukan kapal angkutan umum," Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (13/6/2018).

Dicky menjelaskan, dugaan sementara penyebab tenggelamnya kapal akibat ombak dan angin kencang. Sejauh ini, tercatat, 13 orang tewas dan 24 ditemukan dalam keadaan selamat, sedangkan 8 orang dinyatakan hilang akibat insiden ini.

Dicky menambahkan, banyaknya korban tewas akibat karamnya kapal tersebut lantaran penumpang tak menggunakan jaket keselamatan saat bertolak ke Pulau Barrang Lompo.

Ilustrasi.

"Korban banyak meninggal dunia enggak pakai life jacket," tutup dia.

Kepala Basarnas Makassar, Amiruddin menjelaskan, kapal nahas jenis longboat atau kapal penumpang digunakan sebagai transportasi antara pulau yang berisi 43 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Paotere menuju Pulau Baranglompo, pagi tadi, namun di tengah perjalanan kapal oleng hingga terbalik ke laut.

Sementara korban selamat, kata dia, saat ini ada sembilan masih dirawat di rumah sakit akademis, tujuh orang dinyatakan selamat dan diberikan pertolongan di RS Angkatan Laut dan tujuh lainnya selamat dan sudah berada di Pulau Baranglompo.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini