Ribuan Kendaraan Terjebak Macet 4 Km di Pintu Tol Tegalkarang, Sistem Buka Tutup Diberlakukan

Toiskandar, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 10:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 13 525 1909959 ribuan-kenderaan-terjebak-macet-4-km-di-pintu-tol-tegalkarang-sistem-buka-tutup-diberlakukan-BSITvzIBDQ.jpg Kenderaan mengular menuju Tol Tegal Karang (Toiskandar/MNC Media)

CIREBON - Kemacetan panjang terjadi di pintu masuk Tol Tegalkarang, ruas Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/6/2018) siang. Ribuan kendaraan dari Pantura yang hendak masuk ke dalam tol terjebak antrean hingga 4 kilometer.

Untuk mengurai kemacetan panjang, petugas memberlakukan sistem buka tutup dan mengarahkan mobil untuk memasuki tol melalui pintu berikutnya.

Iring-iringan mobil dari Jakarta menuju Jawa yang hendak ke dalam tol mengular hingga 4 kilometer ke Jalur Pantura. Bahkan kendaraan harus berbagi lajur dengan para pemudik sepeda motor yang jumlahnya meningkat signifikan.

Dua hari jelang Lebaran 2018, volume kendaran di Jalur Pantura Cirebon membeludak. Hal tersebut dikarenakan adanya pengalihan arus kendaraan dari dalam Tol Cikampek ke ruas Jalan Arteri. Akibatnya, kendaraan roda empat menumpuk di jalur non tol.

Untuk mengangisipasi kemacetan yang lebih panjang, petugas kepolisian memberlakukan sistem buka tutup di pintu masuk Tol Palimanan-Kanci. Minimnya loket transaksi di gerbang Tol Tegal Karang, Palikanci, membuat petugas mengarahkan mobil yang terjebak antrean untuk masuk menggunakan pintu Tol Plumbon.

“Sistem buka tutup ini dilakukan dengan melihat panjangnya antrean,” kata AKBP Suhermanto, Kapolres Cirebon.

Hingga saat ini, ribuan kendaraan masih terus mengalir deras. Diperkirkan lonjakan arus kendaraan ini akan terus meningkat hingga siang dan sore nanti. Hari ini diperkirakan merupakan puncak arus mudik.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini