nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lancar, Golkar: Faktor Kuncinya Pembangunan Tol di Era Jokowi

Bayu Septianto, Jurnalis · Jum'at 15 Juni 2018 00:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 14 337 1910551 mudik-lancar-golkar-faktor-kuncinya-pembangunan-tol-di-era-jokowi-dTiBxL2YV0.jpg Jokowi saat peresmian tol. (Foto: Antara)

JAKARTA - Kondisi arus mudik Lebaran 2018 yang terbilang lancar tak terlepas dari upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggalakkan pembangunan infrastruktur jalan tol.

Menurut Ketua Departemen Pengawasan Pembangunan DPP Golkar Mukhamad Misbakhun, pembangunan infrastruktur yang paling dirasakan pemudik adalah di jalur darat Pulau Jawa. Kota-kota di Pulau Jawa kini bisa ditempuh dalam waktu singkat.

“Faktor kunci kelancaran arus mudik saat ini sampai H-1 adalah pembangunan infrastruktur jalan tol pada zaman Pak Jokowi. Rangkaian tol lintas Pantura menyambung rangkaian tol di Pulau Jawa,” ujar Misbakhun kepada wartawan, Kamis 14 Juni 2018.

Mudik tahun ini, sambungnya, sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kendati masih ada titik kemacetan, namun masih bisa diurai. Kendala lainnya pun masih terbilang minim.

“Tol yang belum selesai 100 persen dioperasionalkan sebagai jalan tol fungsional dan berfungsi sebagai pengurai titik-titik kemacetan di beberapa daerah,” katanya.

Presiden Jokowi Resmikan Program Kewirausahaan dan Digitalisasi Sistem Pertanian

Misbakhun menambahkan, hal tersebut menandakan kerja Jokowi dirasakan hasilnya oleh seluruh rakyat. Proses pembangunan infrastruktur juga berjalan baik tanpa skandal. BUMN juga memainkan perannya dalam pembangunan.

Wakil rakyat asal Pasuruan itu menegaskan, pembangunan jalan tol yang begitu masif juga menjadi bukti bahwa Jokowi bekerja untuk seluruh rakyat. Kini, infrastruktur yang telah terbangun juga bisa dinikmati siapa saja.

“Siapa pun bisa menikmati hasil kerja keras pemerintahan Presiden Jokowi itu. Memang perlu ada kerendahan hati dari semua pihak untuk mengakui hasil kerja Pak Jokowi,” katanya.

Jokowi-JK Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan UIII di Depok

Tidak ada keterlibatan keluarga Jokowi dalam proyek-proyek besar negara. Itu menjadi poin besar sendiri soal transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan proyek infrastruktur.

Keberhasilan mudik ini, ujar Misbakhun, tak terlepas pula dari peran berbagai pihak, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, serta kesiapsiagaan TNI-Polri.

"Koordinasi aparat Polri, TNI, Kemenhub, Kementrian PUPR dan Tim Mudik Lebaran 2018 berjalan sangat solid. Semoga keadaan dan situasi ini terjaga terus sampai arus balik Lebaran nanti,” tandasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini