nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nakhoda Kapal Tenggelam di Makassar Jadi Tersangka, Terancam 10 Tahun Penjara

Prayudha, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 14 340 1910324 nakhoda-kapal-tenggelam-di-makassar-jadi-tersangka-terancam-10-tahun-penjara-yBWBG2btQo.jpg Pencarian korban hilang pasca-tenggelamnya KM Arista di perairan Makassar (Antara)

MAKASSAR – Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Kota Makassar telah menetapkan nakhoda Kapal Motor (KM) Arista sebagai tersangka. Pria berinisial DK terancam 10 tahun penjara karena dianggap bertanggung jawab atas karamnya KM Arista yang menewaskan 15 orang.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Kota Makassar, AKP Benny mengatakan bahwa DK diduga melanggar Pasal 302 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan Pasal 359 KUHP atas kelalaian yang menyebabkan orang lain celaka. "Ancaman 10 tahun penjara,” katanya, Kamis (14/6/2018).

KM Arista yang dikemudikan DK tenggelam di perairan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 13 Juni 2018. Hingga pagi ini, 15 penumpang kapal nahas itu sudah ditemukan tewas, enam orang lagi hilang dan masih dicari Tim SA gabungan.

Petugas membawa jenazah korban KM Arista (Antara)

Benny mengatakan penyidik masih terus memeriksa DK bersama awak kapal lainnya.

Hasil penyelidikan sementara diketahui bahwa DK sudah mengetahui KM Arista yang dinakhodainya sudah tak laik berlayar dan tidak memenuhi standar operasional prosedur (SOP) pelayaran, tapi masih nekat mengangkut penumpang.

"Kapal yang digunakan pelaku memang sudah tidak memenuhi SOP yang ada,” ujar Benny.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini