H-1 Lebaran, Volume Kendaraan di Tol Cipali Menurun

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 18:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 14 525 1910431 h-1-lebaran-volume-kendaraan-di-tol-cipali-menurun-3lFH0snFRc.jpg Arus Lalu Lintas di Tol Cipali (foto: Antara)

JAKARTA - H-1 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, arus lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengalami penurunan volume kendaraan pemudik. Hal ini berbeda disaat H-2 Lebaran 2018 kemarin yang sempat mengalami kepadatan cukup parah.

Hal tersebut disampaikan oleh, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa yang meninjau posko terpadu Cikopo, guna melihat kelancaran dan pengamanan arus mudik pada H-1 lebaran, Kamis, (14/06/2018).

Terus Bertambah, Volume Kendaraan Pemudik di Tol Cipali pada H-5 Lebaran

"Sekarang kita di H-1 Lebaran tepatnya tanggal 14 Juni, berarti ini hari terakhir untuk mudik, kami melihat dari pantauan di posko kemudian melihat langsung di Cipali, Cipali ada penurunan namun volume kendaraan masih cukup tinggi, kita lihat dari arah berlawanan, masih ada iring-iringan kendaraan mudik namun volume menurun, memang peningkatannya di tanggal 9 Juni kemudian tanggal 12, kemaren tinggal 80.000, hari ini prediksi dibawah 80.000," kata Royke.

Menurut Royke, setelah diberlakukannya One Way Traffic kemaren sore hingga malam hari. Pagi ini tidak ada antrian kendaraan terutama di rest area. Di bahu jalan pun belum terlihat mobil yang terparkir.

Traffic Management memperlancar arus kemaren dilakukan dengan cara One Way Traffic, kebijakan ini adalah upaya akhir setelah dilakukannya beberapa kali Contra Flow di spot-spot tertentu.

"Kami ikuiti One Way itu, saya berfikir, bisa dibayangkan kalo One Way tidak diberlakukan, wong itu sama padatnya jalur ambon dan bandung kiri dan kanan, apabila tidak diberlakukan pasti stuk di jalur ambon (Barat)," tutur dia.

 

Disisi lain, Royke menyebut dengan adanya tol Trans Jawa saat arus mudik tahun ini, hal itu sangat membantu sekali kelancaran arus lalu lintas.

"Di negara-negara maju dari Provinsi ke Provinsi, dari Kota ke kota besar, bahkan sampe kota kecil itu sudah dilewati jalan tol yang sangat memadai dan Indonesia sudah mengarah kesitu," tutup dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini