nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapolda Jabar Sebut Libur Panjang Sebelum Lebaran Efektif Atasi Kemacetan Arus Mudik

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 14 Juni 2018 23:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 14 525 1910493 kapolda-jabar-sebut-libur-panjang-sebelum-lebaran-efektif-atasi-kemacetan-arus-mudik-WYdymX69b9.jpg Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto (foto: Putra RA/Okezone)

BANDUNG - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan, libur panjang sebelum lebaran efektif mengatasi kemacetan selama arus mudik 2018.

"Efektif dong, kan sudah (ada yang mudik saat awal) liburan. Kalau enggak libur kemarin, numpuk sekarang semua bisa tiga kali lipat dari sekarang. Jadi (libur panjang sebelum Lebaran) sangat membantu," tegas Agung kepada wartawan.

Pemudik Terjebak Kemacetan di Tol Cikopo pada H-2 Lebaran

Agun menjelaskan, puncak arus mudik di Jawa Barat diprediksi sudah terjadi kemarin. Berdasarkan pantauan dari CCTV, menurutnya arus dari Cikarang Utama terlihat padat. Cikopo dari arah Jakarta juga sangat padat.

Karena kepadatan itu, Agung mengatakan one way diberlakukan di jalur-jalur tersebut. Tujuannya agar kemacetan cepat terurai. One way pun akan diakhiri setelah kemacetan terurai.

Untuk arus balik nanti, menurutnya pola serupa kemungkinan akan dilakukan. Tapi, ia belum memastikannya. Hal itu akan dilakukan berdasarkan hasil kajian dengan berbagai pihak terkait.

"Arus baliknya kita akan lakukan sama seperti ini. Tapi hasil kajiannya nanti H+2, kita hitung terus (kemungkinannya)," jelas Agung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini