nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunjungi Novel Baswedan, KPK Minta Pemerintah Segera Bentuk TGPF

ant, Jurnalis · Minggu 17 Juni 2018 18:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 17 337 1911109 kunjungi-novel-baswedan-kpk-minta-pemerintah-segera-bentuk-tgpf-WnoUu6qGz3.JPG Novel Baswedan (foto: Okezone)

JAKARTA - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF) untuk menyelesaikan kasus penyiraman air keras terhadap salah satu penyidik lembaga antirasuah tersebut, Novel Baswedan.

"Sudah dua lebaran terlewati namun fakta penyerangan terhadap Novel belum juga menemui titik terang. Langkah luar biasa harus diambil oleh Presiden, dan TGPG yang independen menjadi satu-satunya jalan," kata ketua Wadah Pegawai KPK, Yudi Purnomo Harahap, usai mengunjungi rumah Novel di Jakarta Utara, Minggu (17/6/2018).

Yudi mengatakan, bahwa kunjungannya ke rumah Novel adalah bentuk komitmen bahwa karyawan KPK tidak akan pernah sendirian dalam proses penyembuhan mata dan pemenuhan hak sebagai korban agar pelaku penyiraman air keras segera ditangkap.

"Penderitaan Novel yang harus melanjutkan hidup dengan satu mata menunjukkan bahwa upaya pemberantasan korupsi masih menjadi titik yang sangat rentan karena rawan mengalami serangan balik dari para koruptor," kata dia.

 nOVEL

Yudi menjelaskan, lebih jauh bahwa dalam sejarahnya, upaya untuk memberantas kasus korupsi yang dilakukan KPK telah dihalang-halangi melalui upaya secara sistematis seperti mengurangi kewenangan, teror terhadap penggiat, dan bahkan penculikan terhadap pejabat kejaksaan yang tengah menangani kasus korupsi.

"Oleh karena itu, negara tidak boleh kalah dari teror dan melindungi penegak hukumnya," kata dia.

 nOVEL

Menurut Yudi, tim TGPF yang terbentuk nantinya tidak boleh hanya terdiri atas kepolisian dari KPK, melainkan juga dari berbagai pemangku kepentingan lain seperti ahli yang relevan dan tokoh independen demi menjaga transparansi dan akuntabilitas.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini