nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Indo Barometer: Pasangan Fasha-Maulana Menang di Pilwakot Jambi

Azhari Sultan, Jurnalis · Jum'at 22 Juni 2018 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 22 340 1912725 survei-indo-barometer-pasangan-fasha-maulana-menang-di-pilwakot-jambi-oHoXzKKTJ6.jpg

JAMBI - Dari dua paslon kontestan di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jambi 2018, pasangan nomor urut 2, Fasha-Maulana berpotensi menang di hari pencoblosan 27 Juni 2018 pekan depan.

Ini dikemukakan Joni Ismet, Direktur Cyber Pemenang Fasha-Maulana (FM) kepada sejumlah media, Jumat (22/6/2018). Menurut dia, hasil survei ini ada dua faktor yang selalu unggul dari pasangan lainnya. Pertama survei head to head paslon Walikota-Wakil Walikota Jambi melalui simulasi surat suara.

"Berdasarkan simulasi head to head ini, paslon Fasha-Maulana unggul signifikan dengan dukungan 61,9 persen. Sementara pasangan Abdullah Sani-Kemas Alfarizi memperoleh 25,6 persen. Sedangkan yang tidak menandai apapun di surat suara mencapai 12,5 persen," ujarnya.

Cara kedua, yakni melalui survei kepuasan terhadap kinerja Syarif Fasha yang merupakan Walikota Jambi petahana. "Dari distribusi kepuasan terhadap pilihan kedua paslon, secara umum tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Syarif Fasha sebagai Walikota Jambi sebesar 86,9 persen. Sedangkan yang tidak puas sebanyak 5,6 persen," tegas Joni.

Sebaliknya, tambah dia, masyarakat yang tidak puas lebih banyak memilihkan paslon Sani-Izi sebesar 85,7 persen.

Joni menjelaskan, bahwa suvei yang dilakukan berdasarkan multistage random sampling dengan jumlah 620 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

"Dari hasil survei sebanyak 620 responden atau 10 responden pada setiap kelurahan dengan margin of error sekitar 3,93 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," tuturnya.

Dia juga bilang, pelaksanaan metodologi survei ini dilakukan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Jambi, yakni meliputi 62 kelurahan.

Selain itu, katanya, populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berada di Kota Jambi dan sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku. "Pada saat survei dilakukan usia warga yang dipilih minimal berusia 17 tahun lebih atau susah menikah," imbuhnya.

Faktor lainnya Fasha unggul, lanjutnya, karena kinerjanya bagus, dekat dengan rakyat, berpengalaman dan tegas. "Disamping itu, calon Walikota Jambi Syarif Fasha dinilai taat beragama, berwibawa, berjiwa pemimpin, pintar dan baik, berkomitmen serta jujur," tukas Joni.

Dia menambahkan, survei ini dilakukan jelang Hari Raya Idul Fitri lalu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini