nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sore Ini KPU Tetapkan Rekapitulasi DPS Pemilu 2019 secara Nasional

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu 23 Juni 2018 11:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 23 337 1913062 sore-ini-kpu-tetapkan-rekapitulasi-dps-pemilu-2019-secara-nasional-CpcmKEF0oV.jpg Komisi Pemiluhan Umum (KPU). (Foto: Okezone)

JAKARTA – Memasuki H-4 pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 dan menyongsong Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) akan melakukan rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) secara nasional pada sore ini.

"Hari ini KPU akan melakukan rekapitulasi DPS Pemilu 2019," kata Komisioner KPU RI Viryan kepada wartawan di kawasan Sawah Besar, Sabtu (23/6/2018).

Ia menegaskan, hasil rekapitulasi DPS di setiap tempat penyelenggaraan pemilihan dan di 130 DPS luar negeri akan diketahui sore nanti.

"Jadi nanti sampai dengan sore akan disampaikan hasil rekapitulasi BPS setiap provinsi dari 33 provinsi, termasuk DPS LN 130 perwakilan. Jadi DPS dan DPS LN sesuai dengan peraturan kita akan ditetapkan secara nasional pada hari ini," ungkapnya.

Viryan menambahkan, mengenai adanya keterlambatan dan kendala di kartu tanda penduduk (KTP), KPU masih bisa melakukan perbaikan data DPS hingga Agustus untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

"Ini masih DPS, nanti akan langsung dilanjutkan dengan perbaikan DPS, dan pada Agustus akan kami tetapkan DPT," ungkapnya.

Viryan bersyukur data-data DPS luar negeri hingga sore kemarin sudah dikantonginya, hanya ada di tiga perwakilan DPS LN yang belum masuk ke KPU RI.

"Alhamdulillah, untuk LN dari 130 perwakilan sampai kemarin sore tinggal 3 perwakilan, yang belum Vancouver dan Washington, selebihnya sudah masuk, namun kita berharap karena masalah perbedaan waktu ya, misalkan di rapat pada pukul 20.00, di Washington masih subuh, kan tidak mungkin PPLN-nya subuh-subuh sudah kumpul, perlu waktu. Insya Allah hari ini terkumpul," tutupnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini