nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamanan di Madura dan Tapal Kuda Dipertebal Jelang Pencoblosan

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 11:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 26 519 1914087 pengamanan-di-madura-dan-tapal-kuda-dipertebal-jelang-pencoblosan-oJV1ZOIDgb.jpg Pengamanan Kepolisian (foto: Okezone)

SURABAYA – Menjelang pencoblosan Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada Rabu 27 Juni 2018, Polda Jawa Timur mulai melakukan pergeseran pasukan ke tempat pemungutan suara atau TPS. Di mana ada sebanyak 1.115 personel yang diterjunkan.

Polda melakukan penebalan pengamanan pada pulau Madura meliputi Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pemekasan dan Sumenep. Serta daerah Tapal Kuda yakni Lumajang, Kota Probolinggo, dan Bondowoso.

Pilgub Jatim 2018: Khofifah Dapat Nomor Urut 1, Gus Ipul Nomor 2

Dari 7 daerah tersebut, hanya Sumenep yang tidak menggelar pemilihan bupati, hanya melaksanakan Pilgub Jatim. Sedangkan keenam daerah lainnya menggelar pilbup/pilwalkot plus pilgub Jatim. Dalam menentukan penebalan pengamanan dilihat dari letak geografis daerah tersebut.

Serta dilihat dari sejarah konflik politik yang pernah terjadi di daerah itu. Sehingga dilakukan langkah antisipasi demi terciptanya pilkada yang aman dan lancar.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menjelaskan, prinsipnya tidak ada daerah tertentu yang diperhatikan secara khusus saat pemungutan suara Pilkada Jatim nanti. Gangguan Kamtibmas di semua daerah diantisipasi.

"Tidak ada pembeda-beda. Adapun tingkat kerawanan dipertimbangkan berdasarkan letak geografis dan sejarah konflik politik yang pernah terjadi di daerah tertentu," terang Machfud usai upacara pergeseran PAM TPS di Mapolda Jatim, Selasa (26/6/2018).

Misal daerah Kepulauan Masalembu di Sumenep, yang dipertimbangkan kerawanannya karena secara geografis. Masalembu merupakan kepulauan terjauh di pulau Madura. Potensi konflik juga diantisipasi pascapencoblosan.

"Terutama setelah penetapan perolehan suara. Begitu kalah, biasanya semua pihak disalahkan," tandas Kapolda Jatim.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini