nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2.467 Surat Suara Pilkada Jawa Barat Hilang di Cirebon

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Rabu 27 Juni 2018 11:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 27 525 1914561 2-467-surat-suara-pilkada-jawa-barat-hilang-di-cirebon-gCbHPpDMkt.jpg Ilustrasi (Okezone)

CIREBON - Sebanyak 2.467 surat suara untuk enam tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hilang. Polisi masih mendalami kasus hilangnya surat suara tersebut.

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto menerangkan laporan hilangnya 2467 surat suara tersebut diterima kepolisian pada Selasa 26 Juni 2018 malam. Surat suara itu hilang diduga saat pengiriman logistik dari Komisi Pemilihan Umum Cirebon ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Kami masih mendalami hal ini. Sejumlah pihak seperti KPU dan PPK hingga PPS akan dimintai keterangan," terangnya, Rabu (27/6/2018).

Saat ditanyai terkait indikasi kesengajaan hilangnya surat suara, Suhermanto menegaskan masih menyelidikinya, termasuk proses hilangnya.

Wakil Bupati Cirebon Selly A Gantina menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU dan Panwaslu Cirebon untuk memenuhi kebutuhan surat suara di 6 TPS tersebut. Sebagian besar warga Danamulya merupakan Tenaga kerja Indonesia dan perantau.

"Kami sudah menyiapkan 80 persen surat suara dari yang hilang. Ini berdasarkan partisipasi pemilih di Danamulya. Kasus hilangnya surat suara ini jadi pelajaran buat kami," tambahnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini