nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Petakan Kekuatan Pelaku Penembakan di Bandara Kenyam Papua

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 28 337 1915297 polisi-petakan-kekuatan-pelaku-penembakan-di-bandara-kenyam-papua-99bJrlGBRP.jpg Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepolisian telah mengantongi peta kekuatan dari pelaku penembakan di kawasan Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua yang diduga terkait dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menyebut, sampai saat ini, berdasarkan informasi yang diperoleh petugas di Papua, pelaku diketahui terdiri dari delapan orang.

"Kekuatan sudah diketahui senjata panjang dan dua pucuk pistol yang mereka bawa jadi tidak banyak dan semoga-semoga segera dituntaskan," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

 Ilustrasi

Penembakan tersebut menimpa pesawat carteran Trigana Air yang tengah membawa pasukan Brimob. Aksi tersebut diduga dilakukan kelompok bersenjata di Papua yang mencoba mengganggu jalannya proses Pilkada di Tanah Cenderawasih itu.

Pesawat tersebut saat ditembak tengah mengangkut personel bantuan kendali operasi (BKO) Brimob Polda Papua dari Wamena untuk mengamankan Pilkada Papua. Dalam kejadian itu mengakibatkan lima orang terluka, bahkan tiga di antaranya meninggal dunia.

Setyo menyatakan, penembakan di Bandara Kenyam Papua itu masih tergabung dalam satu kelompok bersenjata di Papua. Hingga saat ini, polisi masih mengejar pelaku.

"Ada itu kelompok-kelompok yang memang KKB separatis. Diduga sama karena masih satu kelompok dan daerah," tutur Setyo.

 Ilustrasi penembakan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini