Ganjar, Kemenangan dan Parikesit di Pewayangan

Kuntadi, Koran SI · Kamis 28 Juni 2018 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 28 510 1914942 ganjar-kemenangan-dan-parikesit-di-pewayangan-OwhM1CQF3t.jpg Ganjar-Taj Yasin. (Foto: Antara)

YOGYAKARTA - Kemenangan Ganjar Pranowo dalam Pilkada Jawa Tengah disambut suka cita oleh warga Yogyakarta yang tergabung dalam beberapa elemen masyarakat. Mereka menggelar syukuran atas kemenangan ini di Kawasan Tugu Yogyakarta, Rabu 27 Juni 2018 malam.

Meski belum ada keputusan pemenang, namun hasil quick count dari berbagai lembaga, Ganjar yang berpasangan dengan Taj Yasin unggul atas Sudirman Said yang berpasangan dengan Ida Fauziyah.

"Ini adalah ungkapan rasa syukur atas terselenggaranya pilkada yang lancar khususnya di Jawa Tengah Ganjar unggul," jelas Agus Sunandar, koordinator aksi.

Syukuran sederhana ini dikemas dalam acara yang kental dengan nuansa seni dan budaya. Seperti music minority, teatrikal wayang orang hingga pemotongan tumpeng.

Foto: Kuntadi

Sebelumnya komunitas ini pada Senin malam lalu juga menggelar doa bersama di kawasan Tugu dengan dihadiri Ganjar Pranowo. Di bawah guyuran hujan yang sangat deras, Ganjar rela ikut bersama dengan warga berdoa di seputaran Tugu.

"Hasil ini (Kemenangan Ganjar) akan menjadi kebangaan warga Jateng dan DIY," jelasnya.

Tak hanya itu, mahasiswa asal Jawa Tengah yang tengah kuliah di Yogyakarta pun ikut hadir dalam syukuran kemenangan ini. Mereka berharap di periode kedua kepemimpinan Jateng bisa lebih baik.

"Harapan kita, di periode kedua ini Pak Ganjar bisa membawa Jawa Tengah lebih baik," jelas Indika Fanatun Nada mahasiswa asal Cilacap yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menurutnya, Jawa Tengah harus semakin maju di tangan Ganjar. Dia harus bisa mewakili Jawa Tengah di kancah nasional.

Foto: Kuntadi

Ganjar Pranowo, kata dia, merupakan sosok yang mampu dekat dengan seluruh masyarakat, termasuk dengan mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Dalam beberapa kali dia hadir saat diundang dalam berbagai acara. "Dia harus mampu mengayomi masyarakat dan berprestasi bagi Jawa Tengah," harapnya.

Mahasiswa asal Jepara, Arwani berharap ada kemajuan dibidang infrastruktur di era kepemimpinan kedua Ganjar Pranowo. Sejumlah program yang belum tuntas harus dituntaskan dan diselesaikan. "Semua daerah harus tersentuh pembangunan infrastruktur yang lebih baik," harapnya.

Begitu juga dengan akses pendidikan, pemerintah harus mampu mengalokasikan dana beasiswa apendidikan yang lebih banyak. dana ini harus bisa diakses seluruh masyarakat, khususnya warga miskin agar bisa kuliah.

"Pendidikan harus diprioritaskan untuk pembangunan Jawa Tengah," harapnya.

Parikesit di Pewayangan

Sejumlah seniman, rekan ganjar dan berbagai elemen masyarakat Yogyakarta bersyukur atas kemenangan Ganjar. Mereka berharap Ganjar bisa menjadi seorang Parikesit yang ada di dunia pewayangan.

"Harapan kita Ganjar bisa menjadi tokoh Parikesit," jelas Agus.

Dalam syukuran ini juga ada teatrikal tokoh wayang orang yang menyerahkan sosok Parikesit kepada koordinator aksi. Parikesit merupakan raja di Hastina Pura setelah perang Baratayudha. Tokoh ini pula yang mencerminkan dengan sosok Ganjar Pranowo yang baru saja memenangkan perang politik dan menjadi pemenang dalam pilkada Jawa Tengah.

Foto: Kuntadi

Kini dengan hasil itu dia harus mampu membangun Jawa tengah demi kemaslahatan masyarakat. Sosok Parikesit harus menjelma dalam figur Ganjar Pranowo. di mana Parikesit merupakan raja yanag bijaksana, ramah dan tidak pernah arogan.

"Harapan kita sebagai masyarakat Yogyakarta Ganjar bisa menjiwai dan mencontoh Parikesit. Wayang inipun akan kita serahkan kepada beliunya," terang pria yang akrab disapa dengan Agus Becak ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini