nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Misteri Hilangnya 2.467 Surat Suara Pilbup Cirebon Terus Didalami

Dwi Ayu Artantiani , Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 20:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 28 525 1915360 misteri-hilangnya-2-467-surat-suara-pilbup-cirebon-terus-didalami-KZmrR5Sktk.jpg Ilustrasi

CIREBON - Polisi terus mengusut kasus hilangnya 2.467 surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Cirebon, Jawa Barat. Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengungkapkan pihaknya telah memeriksa lima orang saksi yang merupakan panitia pemilihan kecamatan dan petugas pemungutan suara di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon.

"Belum ada tersangka. Masih saksi," terangnya, Kamis (28/6/2018).

Sebelumnya, pada Selasa 26 Juni 2018 malam, sebanyak 2.467 surat suara dilaporkan hilang. Hal itu diketahui saat petugas PPS ingin mengambil logistik pilkada di PPK.

Saat ini, logistik pilkada dipindahkan dari kantor PPK di salah satu rumah warga ke kantor Kecamatan Plumbon. Polisi juga berjaga di sana.

"Kami terus mendalami kasus ini. Apakah ada unsur pidana seperti pencurian atau pengrusakan di surat suara tersebut, saya menjamin, tahapan pilkada berjalan aman," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Saefudin Jazuli menambahkan pihaknya telah mengirim logiatik pilkada, termasuk surat suara pada tanggal 23 Juni. "Distribusinya dijaga polisi. Pengawasan juga terus dilakukan. Surat suara itu diduga hilang di PPK," tuturnya.

Menurut dia, tahapan pilkada tidak terganggu dengan hilangnya surat suara itu karena masih ada surat suara pemilihan ulang. "Dari kebutuhan 2.467, kami mengirimkan surat suara 2.000 lembar," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini