nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adakan Halalbihalal, Universitas Tarumanagara Ajak Renungkan Makna Saling Memaafkan

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 28 Juni 2018 14:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 06 28 65 1915172 adakan-halalbihalal-universitas-tarumanagara-ajak-renungkan-makna-saling-memaafkan-2TNydRx9PA.jpeg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - Universitas Tarumanagara menggelar halalbihalal dalam rangka perayaan Idul Fitri 2018. Acara silaturahmi ini dihadiri oleh keluarga besar Universitas Tarumanagara serta pimpinan Yayasan Tarumanagara.

Rektor Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan dalam sambutannya mengatakan, budaya saling memaafkan pada Hari Raya Idul Fitri menjadi satu tradisi yang begitu kental hampir di semua daerah di Indonesia.

Akan tetapi, sebagai budaya, Agustinus menuturkan jika masyarakat perlu merenungkan apakah ungkapan maaf secara lahiriah juga menjadi ungkapan dari batin yang paling dalam.

untar

Lebih dari sekadar ucapan lahiriah, Agustinus menuturkan hendaknya budaya saling memaafkan yang menjadi tradisi, budaya, dan nilai luhur ini keluar dari lubuk hati yang paling dalam, tidak hanya sebatas ungkapan kata tetapi tidak terlaksana.

"Jika ini dapat terlaksana saya yakin dan kita semua yakin bahwa negara kita akan menjadi salah satu negara yang dihormati yang diteladani karena keagungan dan kesucian hidup beragama," ujarnya di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Kamis (28/5/2018).

Lebih lanjut, dia menuturkan, jika saling memaafkan dengan tulus bisa diaplikasikan dalam tatanan kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pekerjaan maka akan tercipta kerjasama yang berkualitas. Pada akhirnya, dapat membangun pribadi bangsa ke depan.

"Mari membangun skala pelayanan dan tugas sehari-hari dengan ketulusan tidak saling menyalahkan tapi saling mengisi kekurangan," kata dia.

untar

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Gunardi mengajak hadirin yang hadir untuk bersama-sama saling memaafkan dalam momentum tersebut. Saling memaafkan tanpa memandang Suku, Ras, dan Agama (SARA)

"Tradisi saling memaafkan adalah budaya sangat baik karena membina kebersamaan dan jalinan silaturahmi yang tidak terputus," ujar dia.

Tahun ini, silaturahmi Universitas Tarumanagara mengangkat tema "Eratkan Persaudaraan dan Keberagamaan”

Uniknya, dalam ajang silaturahmi ini dihadirkan hiburan tradisional khas Jawa Barat yaitu permainan angklung oleh Sanggar Yudha Asri. Hadirin yang hadir pun diajak ikut serta memainkan angklung, sehingga suasana keakraban semakin terasa. Selain angklung, acara silaturahmi ini dibuka dengan suguhan Tari Sunda Bubuka Padma oleh mahasiswa Fakultas Psikologi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini