Pesawat Jatuh dan Terbakar di Lokasi Konstruksi India, 5 Korban Hangus Tak Bisa Dikenali

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 29 Juni 2018 16:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 29 18 1915731 pesawat-jatuh-dan-terbakar-di-lokasi-konstruksi-india-5-korban-hangus-tak-bisa-dikenali-PzbQTzwB6M.jpeg Foto:AP.

MUMBAI – Sebuah pesawat kecil jatuh menghantam lokasi konstruksi di daerah padat penduduk di Mumbai, India pada Kamis. Kejadian itu dilaporkan telah menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk satu korban di darat.

Media dan stasiun televisi India menayangkan video yang memperlihatkan kobaran api dan asap hitam mengepul dari lokasi jatuhnya pesawat yang berada di antara beberapa bangunan bertingkat tempat pemukiman.

Pesawat berkapasitas 12 bangku itu dilaporkan membawa empat penumpang saat jatuh dan hancur menjadi beberapa bagian. Saksi mata mengatakan mendengar beberapa ledakan disusul dengan sebuah kebakaran dahsyat.

"Ada ledakan besar dan pohon yang berdekatan ikut terbakar dan api menyebar ke jalan," kata seorang saksi mata yang dikutip NDTV.

BACA JUGA: Pilot Pesawat India Berkelahi Saat Perjalanan dari London ke Mumbai

"Awalnya kami menduga sebuah kotak listrik di bangunan yang sedang dibangun terbakar tetapi ketika kami memeriksa tempat itu, kami menemukan tubuh hangus seorang pria yang tampaknya sedang bersepeda ketika pesawat itu jatuh," tambahnya.

Seorang perempuan yang namanya tidak disebutkan mengatakan dia mendengar tiga kali ledakan dan sebuah kebakaran besar.

Petugas pemadam kebakaran berusaha melakukan pencarian di bawah puing-puing pesawat dan bangunan usai memadamkan api. Dari foto-foto yang beredar, ekor bercat putih menjadi satu-satunya bagian pesawat yang tidak terbakar dan dapat dikenali.

Sekira 50 pekerja konstruksi yang sedang istirahat makan siang hampir saja menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Namun, tiga di antara mereka, Luvkush Kumar, Naresh Kumar Nishad, dan Prashant Mahakale, menderita luka-luka.

“Saya tidak melihat pesawat datang. Terjadi suara keras. Saya merasakan hembusan udara panas di wajah saya dan mulai berlari, ” kata Naresh Kumar Nishad, salah satu pekerja yang menderita luka bakar di wajahnya kepada India Express.

BACA JUGA: Pesawat Sewaan Jatuh, Personel Militer India Ikut Tewas

Berdasarkan keterangan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil India (DGCA) yang dilansir AFP, pesawat nahas itu adalah sebuah turbo-prop King Air C-90. Pesawat itu sedang dalam penerbangan uji coba dari landasan udara Juhu yang berada di dekat tempat kejadian.

"Ada dua pilot dan dua teknisi perawatan di pesawat. Semua orang di pesawat bersama dengan satu orang di darat tewas," demikian pernyataan dari DGCA. Korban tewas termasuk tiga pria dan dua wanita, beberapa di antara mereka ditemukan dalam keadaan hangus terbakar dan tak dapat dikenali lagi.

DGCA mengatakan, pesawat nahas itu dimiliki oleh perusahaan swasta yang membelinya dari Pemerintah Negara Bagian Uttar Pradesh. Badan itu mengatakan akan melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini.

Pasukan Tanggap Bencana Nasional India mengatakan, pihaknya juga mengirim tim untuk memastikan tidak ada korban yang terperangkap di bawah reruntuhan di lokasi kecelakaan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini