KPU: Partisipasi Pemilih di Pilkada Serentak 73 Persen, Belum Capai Target

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 12:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 06 30 337 1916031 kpu-partisipasi-pemilih-di-pilkada-serentak-73-persen-belum-capai-target-tfp5xyxgbR.jpg Diskusi Polemik MNC Trijaya 'Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres' di Cikini, Jakarta (Fahreza/Okezone)

JAKARTA - ‎Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman mengatakan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni lalu hanya 73 persen. Angka ini masih jauh di bawah target yang diharapkan.

‎"Angka partisipasi sekitar 73 persen. Memang belum tercapai target yang kita tentukan, target kita 77,5 persen," kata Arief dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM bertema 'Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

Menurutnya tidak ada kejadian luar biasa yang menghambat jalannya pelaksanaan Pilkada 2018. Namun, ia mengakui ada sejumlah daerah di Papua yang tertunda pelaksanaannya.

"Misalnya saja kalau kita mau melihat daerah yang pelaksanaannya tertunda, di Nduga dan Paniai karena alasan keamanan dan logistik yang belum sampai," imbuh Arief.

Kotak suara (Heru/Okezone)

Peran serta pemerintah daerah (Pemda), kata dia, juga sangat baik. Pasalnya, besaran anggaran penyelenggaraan yang diajukan KPU hampir sebagian besar dapat dipenuhi.

"Peran serta Pemda cukup baik," tuturnya.

Selain Arief, turut hadir dalam acara ini Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily, Wasekjen DPP Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono, Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan dan pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini