nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Situsnya Tak Bisa Diakses, KPU: Itu Strategi Tangkal Peretas

Fahreza Rizky, Jurnalis · Sabtu 30 Juni 2018 13:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 06 30 337 1916045 situsnya-tak-bisa-diakses-kpu-itu-strategi-tangkal-peretas-lv9pFhMpwe.jpg Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Okezone)

JAKARTA - Situs penghitungan hasil Pilkada Serentak 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di laman https://infopemilu.kpu.go.id dilaporkan tidak bisa diakses atau down pada beberapa waktu. KPU berdalih tak bisa diaksesnya laman tersebut dalam beberapa waktu karena kesengajaan untuk menangkal serangan hacker.

"Jadi, kalau mengakses web kita kadang bisa dan enggak bisa dibuka. Itu sebetulnya cara kami untuk menangkal serangan yang datangnya bukan hanya tiap jam, tapi tiap menit menyerang kita," kata Ketua KPU Arief Budiman dalam diskusi Polemik MNC Trijaya FM dengan tema 'Pilkada, Kotak Kosong dan Pilpres' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (30/6/2018).

 KPU

Menurut Arief, masyarakat yang mengunjungi situs tersebut akan mengalami ketidaknyamanan karena laman akan terbuka dan tertutup dengan sendirinya. Pada saat itulah proses pembersihan dari upaya hack sedang dilakukan.

"Jadi kita buka, tutup bersihkan lagi, buka lagi. Begitu. Karena kalau kita buka terus akan merepotkan banyak pihak juga," terang dia.

Atas ketidaknyamanan itu, Arief memohon maaf kepada masyarakat, karena langkah buka-tutupnya web yang dilakukan sebagai strategi dari tim IT KPU.

"Jadi mohon maaf kalau masih sering buka-tutup. Bukan karena kami tidak transparan, tapi ini strategi yang juga disampaikan para ahli IT kami untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit," pungkasnya.

Ilustrasi Pilkada

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini