nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecelakaan KM Sinar Bangun, DPR Berharap Pemerintah Mendata Semua Dermaga di Danau Toba

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 01 Juli 2018 03:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 01 340 1916195 kecelakaan-km-sinar-bangun-dpr-berharap-pemerintah-mendata-semua-dermaga-di-danau-toba-60z0T6pxUm.jpg Pencarian KM Sinar Bangun yang Tenggelam di Danau Toba, Sumut (foto: Antara)

JAKARTA – Anggota Komisi V DPR RI, Anton Sihombing berharap pemerintah pusat untuk mendata semua dermaga di Danau Toba, terkait insiden kecelakaan KM Sinar Bangun yang menewaskan ratusan orang di perairan Danau Toba.

Faktor keselamatan harus menjadi standar utama bagi pengelola dermaga khususnya data penumpang dan standar keamanan yang harus dimiliki kapal, yang akan mengangkut penumpang. Hal tersebut agar menjamin keselamatan setiap penumpang dan meminimalisir terjadinya kembali kecelakaan tragis seperti KM Sinar Bangun.

Hari ke-10 Pencarian Korban KM Sinar Bangun, Tim SAR Gunakan Pukat untuk Cari Korban Pencarian Korban KM Sinar Bangun (foto: Antara)

"Kami mau semua kapal dilengkapi daftar manifes, pelampung, radio komunikasi dan kapal-kapal diuji kelaikannya, sehingga penumpang terjamin keselamatannya,” ungkap Anton, Sabtu (30/6/2018).

Ia menilai, sulitnya pencarian KM Sinar Bangun di Danau Toba dengan ratusan penumpang tewas yang terbawa tenggelam kapal, telah menjadi duka, kesedihan dan keprihatinan mendalam bagi keluarga korban tentunya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Berbagai bentuk kepedulian juga dilakukan banyak eleman masyarakat untuk membantu keluarga korban yang saat ini masih terus menunggu dan berharap sanak keluarga yang menjadi korban bisa ditemukan. Salah satunya Komunitas Horas Halak Hita (H-3) bekerjasama dengan Lembaga TobaDream Jakarta, mengggagas sebuah ide untuk menggelar acara amal yang seluruh hasilnya akan disumbangkan untuk keluarga para korban KM Sinar Bangun, membantu logistik tim pencari korban yang belum ditemukan dan perbaikan sarana pelabuhan di sejumlah titik wilayah perairan Danau Toba.

Acara amal yang bertajuk Konser peduli kasih duka Danau Toba dihadiri sejumlah musisi seperti Rita Butar Butar, Trio RNB, Jack Marpaung, Julius Sitanggang, Martogi Sitohang, Vicky Sianipar. Turut hadir tokoh dan anggota Komisi V DPR RI Anton Sihombing, politisi muda PDI Perjuangan Maruarar Sirait, Letjen (Purn) Hinsa Siburian, Ketua H3 Dumoly Pardede, dan Monang Sianipar.

"Kami berharap, lanjutnya event ini menjadi sebuah gerakan agar semua orang Batak di jakarta (perantauan memiliki hati untuk lebih memperhatikan dan peduli terhadap Danau Toba sebagai icon Sumatera Utara," ujar Bernand Banjar Nahor musisi senior Trio RNB, yang kerap bolak balik konser Jakarta Medan untuk bernyanyi ini.

Tidak hanya itu, tambahnya “Tragedi, peristiwa dan kejadian-kejadian lain khususnya di daratan Sumatera Utara tidak lagi terulang dikemudian hari ujar tokoh batak Letjen (Purn) Hinsa Siburian yang hadir diacara tersebut.

"Danau Toba kita harus jaga bersama, semoga musibah ini menjadi pembelajaran buat kita semua, katanya. Kita doakan agar keluarga korban diberi kekuatan menghadapi semua ini dan semoga tim Basarnas segera menemukan para korban ,” pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini