nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syal Sepanjang Lebih dari 1 Kilometer Buatan Kamboja Pecahkan Rekor Dunia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 13:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 02 18 1916607 syal-sepanjang-lebih-dari-1-kilometer-buatan-kamboja-pecahkan-rekor-dunia-V0blpNU8TB.jpg Foto: AFP.

PHNOM PENH – Sebuah syal rajutan tangan atau krama dalam bahasa Khmer, sepanjang lebih dari 1 kilometer buatan Kamboja dimasukkan ke dalam Guiness Book of Record sebagai syal terpanjang di dunia pada Minggu.

Dengan lebar 88 sentimeter dan panjang 1.149,8 meter, krama itu membutuhkan waktu lima bulan untuk dirajut oleh 20 anggota komunitas perajut krama. Ribuan pengunjung juga menambahkan beberapa sentimeter panjang krama itu saat mereka menunjungi lokasi perajutan di Museum Nasional Phnom Penh.

BACA JUGA: Seniman Indonesia, Buat Kue dari 10.000 Marshmallow

"Dengan 1.149,8 meter, Anda telah menetapkan gaya Guinness World Record yang baru untuk syal terpanjang," demikian diumumkan adjudikator Guiness World Record, Swapnil Dangarikar di depan lebih dari 20.000 orang sebagaimana dilaporkan Xinhua, Senin (2/7/2018).

Swapnil mengatakan, Kamboja adalah negara pertama yang berusaha memecahkan Guinness World Records untuk syal terpanjang. Dia menambahkan, kriteria dasar untuk upaya ini adalah bahwa selendang harus memiliki lebar 30,5 sentimeter dan panjang setidaknya 1.000 meter.

BACA JUGA: Ram Singh Chauhan, Pria dengan Kumis Terpanjang di Dunia

Dr Sann Vathana, kepala GoGo Cambodia, sebuah organisasi yang meluncurkan kampanye perajutan syal terpanjang ini mengatakan, Krama, yang terbuat dari katun, umum digunakan di Kamboja, dan mencerminkan budaya serta tradisi Khmer. Rekor dunia ini dianggap sebagai salah satu kebanggaan dan pencapaian bagi negara Indochina itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini