nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasdem soal Koalisi Umat Capreskan Amien Rais: Tak Ada Pengaruhnya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 02 Juli 2018 04:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 02 337 1916413 nasdem-soal-koalisi-umat-capreskan-amien-rais-tak-ada-pengaruhnya-nndRIKBOuv.jpg Sekjen Nasdem Johnny G Plate (Bayu/Okezone)

JAKARTA – Sekjen Partai Nasdem, Johny G. Plate memandang deklarasi yang dilakukan oleh Koalisi Umat Madani untuk menjadikan Amien Rais sebagai calon presiden di Pemilu 2019 tak akan mempengaruhi lawannya, karena itu bukan koalisi partai politik.

“Koalisi non parpol tersebut di atas tidak ada pengaruhnya, tidak ada dampaknya dan hanya terbatas sebagai gimmick politik yang biasa saja,” kata Johny, Minggu (1/7/2018).

Pergerakan Koalisi Ummat Madani diduga untuk menurunkan elektabilitas Presiden Joko Widodo. Namun, Johny mengatakan, usaha itu hanya akan sia-sia, karena pihaknya sudah memiliki amunisi baru setelah pada gelaran Pilkada serentak lalu, partai pendukung Jokowi hampir memenangkan seluruh daerah yang menggelar pesta demokrasi tersebut.

“Koalisi Jokowi sangat solid dan tentu elektabilitas Pak Jokowi saat ini mendapat energi tambahan baru dengan kemenangan pilkada secara mayoritas hampir disemua pilkada propinsi dan kabupaten/kota,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Sekelompok masyarakat menamakan diri Koalisi Ummat Madani (KUM) mendeklarasikan Amien Rais maju sebagai calon presiden di Pemilu 2019. Kemenangan Mahathir Mohamad di Pemilu Malaysia menjadi inspirasi bagi mereka untuk mendorong Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu bertarung di pilpres nanti.

Deklarasi meminta Amien Rais maju Pilpres 2019 digelar di Restoran Al Jazeera, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, kemarin. Surat deklarasi ditandatangani oleh Ketua KUM Letjen (Purn) Syarwan Hamid dan Sekjen Nuraini Bunyamin. Lalu dibacakan bersama dengan anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni 212, Eggy Sudjana.

"Fenomena Mahathir yang berusia 93 tahun mampu menumbangkan Najib selaku petahana walaupun didukung dana besar dan kekuasaan yang berkolaborasi dengan kekuatan asing (China). Berarti sosok Amien Rais yang masih terpaut 19 tahun di bawah usia Mahathir akan menjadi 'remaja' untuk memimpin Koalisi ke-Ummatan Indonesia saat ini" kata Eggy Sudjana saat membacakan deklarasi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini